Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buntut Isu Penipuan Online, 14 Narapidana di Jabar Dipindahkan ke Nusakambangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 16 Mei 2023, 13:46 WIB
Buntut Isu Penipuan Online, 14 Narapidana di Jabar Dipindahkan ke Nusakambangan
Lapas Pulau Nusakambangan/Net
rmol news logo Sebanyak 14 orang narapidana dari lembaga pemasyarakatan (Lapas) se-Jawa Barat dipindahkan ke Pulau Nusakambangan. Pemindahan ini merupakan buntut dari isu penipuan online yang dikendalikan dalam lapas.

Mereka berasal dari Lapas Narkotika Jelekong, Bandung; Lapas Subang, Lapas Kelas 1 Cirebon; dan Rutan Kelas 1 Bandung.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Barat, Kusnali mengatakan 14 narapidana itu dikumpulkan di Lapas Gunung Sindur dan Rutan Bandung untuk memudahkan proses pemindahan secara langsung.

Mereka dianggap sebagai warga binaan nakal yang disinyalir terkait dengan aksi penipuan dari dalam lapas.

Hal tersebut sesuai instruksi langsung Direktur Jenderal Pemasyarakatan untuk langsung menertibkan narapidana-narapidana nakal yang ada di Lapas dan Rutan se-Indonesia.

"Tidak hanya narapidana, bahkan petugas yang terlibat juga akan ikut kita tertibkan dan bila perlu juga kita kirim ke Nusakambangan," beber Kusnali lewat keterangan tertulisnya, Selasa (16/5).

Pihaknya menerangkan sebelumnya berencana akan mengirimkan 15 orang narapidana ke Pulau Nusakambangan. Namun, dikarenakan 1 orang masih dalam pendalaman penyelidikan lebih lanjut, akhirnya hanya memindahkan 14 orang narapidana.

"Ini menandakan pemasyarakatan dalam hal ini, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan perhatian sekali akan pemberantasan jaringan narapidana nakal yang ada di dalam Lapas," demikian Kusnaeli. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA