Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ungkap Korupsi Pembangunan Jalur KA Trans Sulawesi, KPK Amankan Uang Miliaran Rupiah dan Ribuan Dolar AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 12 April 2023, 16:41 WIB
Ungkap Korupsi Pembangunan Jalur KA Trans Sulawesi, KPK Amankan Uang Miliaran Rupiah dan Ribuan Dolar AS
Ilustrasi Gedung KPK/RMOL
rmol news logo Uang miliaran rupiah dan ribuan dolar Amerika Serikat (AS) diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kegiatan tangkap tangan di beberapa wilayah sejak Selasa (11/4).

Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, KPK berhasil mengamankan 25 orang yang ditangkap di Semarang, Jakarta, Jawa Barat, dan Surabaya. Salah satu yang ditangkap adalah, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Semarang, Putu Sumarjaya.

"Terdiri dari para Pejabat Pembuat Komitmen, dan pejabat terkait lainnya, serta para pihak swasta," ujar Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu sore (12/4).

Dari kegiatan tangkap tangan itu kata Ali, KPK telah mengamankan barang bukti uang, dalam bentuk mata uang rupiah dan mata uang asing.

"Benar, sejauh ini turut diamankan uang sebagai barang bukti. Sebagai bukti permulaan sekitar miliaran rupiah. Ada juga uang sebanyak sekitar ribuan dolar Amerika Serikat," kata Ali.

Kegiatan tangkap tangan ini kata Ali, terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi terkait pembangunan Jalur Kereta Api Trans Sulawesi dan proyek-proyek perbaikan perlintasan kereta api lainnya di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Perkembangan segera akan disampaikan," pungkas Ali.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA