Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anak Wapres Maruf Amin hingga Mantan Jaksa Agung Pernah Titip Mahasiswa Lewat Karomani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 06 April 2023, 16:07 WIB
Anak Wapres Maruf Amin hingga Mantan Jaksa Agung Pernah Titip Mahasiswa Lewat Karomani
Mantan Rektor Unila, Karomani menjadi saksi untuk terdakwa Heryandi dan Muhammad Basri/RMOLLampung
rmol news logo Penitipan calon mahasiswa ternyata pernah dilakukan putri Wakil Presiden Maruf Amin, Siti Ma'rifah untuk bisa meloloskan mahasiswa masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila) lewat mantan Rektor Karomani.

Hal ini terungkap saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menunjukkan daftar tabel calon mahasiswa titipan tahun 2021 pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unila. Di daftar tersebut, tercantum kode 421-311-10473 di urutan ke-12, MFJ nama (calon mahasiswa), pilihan 1 Pendidikan Kedokteran, Pilihan 2 UINJ Pendidikan Dokter, Anak Wapres/Rektor.

"Itu titipan anak Wapres yang lewat saya, makanya kodenya 'Rektor'. Anak kandung Wapres Bu Siti Ma'rifah, kami dekat karena sama-sama dari Banten," kata Karomani di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Kamis (6/4).

Meski titipan anak Wapres, Karomani menegaskan tetap berpegang teguh yang lolos harus memenuhi passing grade SBMPTN. Bahkan calon yang dititipi tersebut diklaim Karomani gagal lolos melalui jalur SBMPTN.

"Dia akhirnya lulus lewat SNMPTN dan tidak memberikan apa pun," jelasnya sebagaimana diberitakan Kantor Berita RMOLLampung.

Selain itu, Karomani juga mengakui ada titipan calon mahasiswa dari mantan Jaksa Agung, HM Prasetyo yang juga pernah jadi Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unila.

"Betul ada titipan mantan Jaksa Agung, Ketua IKA Unila Pak Prasetyo dan tidak lulus," pungkas Karomani.

Pada persidangan kali ini, Karomani memberikan keterangan sebagai saksi untuk perkara mantan Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila, Heryandi dan mantan Ketua Senat, Muhammad Basri. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA