Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lembaga Pemberantasan Korupsi, Survei LSI: KPK Sangat Dipercaya Publik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 02 Maret 2023, 10:01 WIB
Lembaga Pemberantasan Korupsi, Survei LSI: KPK Sangat Dipercaya Publik
Hasil survei LSI /Repro
rmol news logo Jadi lembaga penegak hukum sangat dipercaya untuk pemberantasan korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan apresiasi kepada publik, atas dukungan dan kepercayaan yang terus meningkat.

Apresiasi itu disampaikan juru bicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri, menanggapi hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode Februari 2023.

"Survei itu menempatkan KPK dengan perolehan skor "sangat dipercaya" publik, paling tinggi di antara lembaga penegak hukum lainnya," tutur Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (2/3).

Selain itu, sambung Ali, pengukuran juga menunjukkan tren peningkatan kepercayaan publik kepada KPK yang konsisten naik dalam tiga survei terakhir, serta raihan skor tertinggi pada lima periode pengukuran terakhir, atau sejak Mei 2022.

"Dengan capaian 71 persen, KPK juga menjadi lembaga paling dipercaya publik dalam pemberantasan korupsi. Skor ini juga mengalami tren positif yang terus meningkat dalam tiga survei terakhir," katanya.

Karena, kata Ali, KPK menempatkan publik sebagai elemen penting dalam pelaksanaan tugas pemberantasan korupsi, baik melalui strategi pendidikan, pencegahan, maupun penindakan.

"Dalam setiap strategi itu KPK selalu melibatkan publik turut berkontribusi dan berkolaborasi. Sehingga seluruh elemen masyarakat punya awareness dan upaya bersama melalui peran dan fungsi masing-masing, demi menurunkan tingkat korupsi," pungkas Ali.

Hasil survei LSI itu telah dirilis pada Rabu (1/3). Pada kategori Lembaga penegak hukum dalam pemberantasan korupsi, KPK memperoleh skor tertinggi dibanding kejaksaan, pengadilan dan kepolisian.

KPK memperoleh skor 71 persen. Di bawahnya ada kejaksaan dengan skor 69, pengadilan dengan skor 63, dan kepolisian skor 62.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA