Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua KPK Akui Dapat Informasi Lukas Bakal Kabur ke Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 11 Januari 2023, 20:47 WIB
Ketua KPK Akui Dapat Informasi Lukas Bakal Kabur ke Luar Negeri
Ketua KPK RI Firli Bahuri saat menyampaikan keterangan pers penahanan Lukas Enembe dari RSPAD/RMOL
rmol news logo Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan bahwa pihaknya menampung semua informasi terkait dengan Lukas Enembe, termasuk rencana Gubernur Papua itu melarikan diri ke luar negeri.

“Beberapa waktu lalu kita juga pernah mendengar informasi bahwa saudara LE akan meninggalkan Indonesia, semua kita tampung,” kata Firli saat menyampaikan keterangan pers penahanan Lukas Enembe dari RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/1).

Adapun Lukas ditangkap oleh tim KPK dibantu oleh aparat penegak hukum lain di sebuah rumah makan di sekitar wilayah Bandara Sentani. Ketika itu, Firli mengungkap, Lukas hendak bertolak ke Mamit, Tolikara lewat bandara Sentani.

“Setiap informasi yang disampaikan pada KPK, tentulah kita tindak lanjuti dan kita cek kebenarannya. Informasi bahwa yang bersangkutan akan meninggalkan Jayapura itu kita terima, dan akan menggunakan pesawat udara,” ungkap Firli.

Dalam proses penegakan hukum kepada Lukas ini, lanjut Firli, jajarannya mengedepankan HAM dan juga asas hukum pidana.

“Karena penegakan hukum itu tidak boleh melanggar hukum, dan juga tidak boleh melanggar HAM. Dan itu kami wujudkan setelah kita lakukan penangkapan, langsung kita bawa ke RSPAD,” kata Firli. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA