Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadiri Langsung Sidang Pledoi, Roy Suryo Tampak Sehat dan Siap Bela Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 22 Desember 2022, 14:18 WIB
Hadiri Langsung Sidang Pledoi, Roy Suryo Tampak Sehat dan Siap Bela Diri
Mantan Menpora Roy Suryo saat ditemui di PN Jakarta Barat di sela menjalani sidang pembacaan pledoi kasus dugaan penistaan agama dan ujaran kebencian yang menjeratnya/RMOL
rmol news logo Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo dipastikan sehat saat menjalani pembacaan pembelaan atau pledoi dalam sidang kasus dugaan penistaan agama dan ujaran kebencian meme stupa Borobudur di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat, Kamis (22/12).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Alhamdulillah doakan baik dan di hari ibu ini moga-moga saya nanti akan sampaikan pledoi dengan baik bersama tim penasihat hukum dan akan terbuka semua apa yang sebenarnya terjadi," kata Roy Suryo.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, Roy tampak sehat dan rapih dengan mengenakan kemeja lengan panjang berwarna biru. Dalam sidang ini, Roy Suryo akan membacakan pledoi secara langsung dan disusul oleh penasihat hukum.

"Saya yang akan samapikan sendiri pledoi, ada dua pledoi sya sampaikan sendiri dan penasihat hukum akan sampaikan juga," kata Roy Suryo.

Dalam kasus ini, Roy Suryo dituntut 1 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 300 juta subsider 6 bulan terkait kasus dugaan penistaan agama dan ujaran kebencian meme stupa Borobudur.

Roy dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 A UU 19/2016 tentang Perubahan atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jaksa pun menjelaskan hal yang memberatkan dan meringankan Roy Suryo.

"Salah satu aspek yang memberatkan terdakwa yakni perbuatan terdakwa melakukan quote tweet melalui media sosial Twitter dapat menyebabkan rusaknya kerukunan umat beragama dalam bingkai Kebhinekaan dimana terdakwa tidak mencerminkan dirinya selaku tokoh masyarakat atau ahli telematika atau orang yang berlatar pendidikan tinggi yang memahami etika dalam bermedia sosial," ucap Jaksa.

Selain itu, Roy Suryo juga sempat mengingkari perbuatannya dan menganggap seolah-olah hal tersebut adalah hal yang biasa. Bukan hanya itu, Jaksa juga menyampaikan hal yang meringankan hukuman Roy. Dimana Roy belum pernah memiliki catatan hukum.

"Segi meringakan diri terdakwa belum pernah dihukum," kata Jaksa.

Adapun Roy Suryo sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya lantaran mengunggah meme stupa mirip Joko Widodo di akun media sosialnya.

Oleh penyidik Roy dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) Jo. Pasal 45 A UU 19/2016 tentang perubahan atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Kedua, Pasal 156a KUHP. Ketiga, Pasal 15 UU 1/1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA