Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Analisis Pakar Soal Dugaan Kekerasan Seksual Putri Candrawathi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 16 Desember 2022, 15:59 WIB
Analisis Pakar Soal Dugaan Kekerasan Seksual Putri Candrawathi
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, Putri Candrawathi/Net
rmol news logo Kasus dugaan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi belakangan kembali mencuat di persidangan kasus pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Istri Ferdy Sambo beberapa kali menceritakan dugaan pelecehan oleh Brigadir J saat dimintai keterangannya di hadapan Majelis Hakim PN Jaksel.

Analis hukum, politik, dan etika sosial Universitas Nasional (Unas), Yusuf Wibisono berpandangan, kekerasan seksual memang berimplikasi besar terhadap korban dan kerabat dekatnya.

Dikatakan Yusuf, peristiwa kekerasan seksual memiliki dampak yang besar terhadap korban. Bahkan tak jarang pelaku pelecehan seksual justru jadi korban kekerasan fisik.

"Sebab korban yang dilecehkan melawan demi membela diri," kata Yusuf kepada wartawan, Jumat (16/12).

Kekerasan seksual juga berpotensi memicu guncangan psikis korban maupun keluarga korban. Situasi inilah yang diduga turut dialami Ferdy Sambo dan istrinya dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

"Situasi itu mungkin dirasakan Sambo dan Putri. Apalagi merasa harga diri telah dirusak, lantas menghabisi nyawa Brigadir J. Memang berbeda dengan membela diri, tapi mirip dengan melakukan pembelaan harga diri," lanjut Yusuf.

Bila mendengar pengakuan Sambo, Yusuf meyakini ada faktor kemarahan yang muncul dari keluarga terhadap dugaan tindakan almarhum Brigadir J.

"Bisa jadi yang awalnya tidak ada masalah dengan pelaku, berubah jadi hal tidak diinginkan. Di sini harus disadari, ada kemarahan sebagai reaksi manusiawi," demikian Yusuf.

Berdasarkan pengakuan Putri, Brigadir J disebut mencoba melakukan kekerasan seksual di Magelang, Jawa Tengah. Brigadir J disebut dua kali mencoba membopong Putri yang sedang istirahat. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA