Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

KPK Raih Penghargaan Germas Award Tahun 2022

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 06 Desember 2022, 15:14 WIB
KPK Raih Penghargaan Germas Award Tahun 2022
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menerima penghargaan Germas Award/Ist
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan penghargaan dalam Penganugerahaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Award Kementerian/Lembaga dan Forum Kemitraan Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK).

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron hadir langsung menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh Menteri Kemenko PMK Muhadjir Effendy di Ruang Heritage Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (6/12).

Dari lima kategori, KPK mendapatkan penghargaan untuk kategori Pelaksanaan Deteksi Dini dan Inovasi Terbaik.

Menteri Kemenko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Republik 1/2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Isinya, menginstruksikan kepada para Menteri, kepala lembaga, gubernur, bupati/walikota, dan semua pihak terkait untuk meningkatkan produktivitas penduduk dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

"Saya menyerukan untuk semuanya, hendaknya peduli dan memberikan perhatian pada Germas sebagai langkah yang sangat strategis dalam peningkatan masyarakat untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berdaya saing," ujar Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan, Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan kasus paling mematikan di dunia. Di mana, 80 persen kasus kematian, khususnya di negara berkembang, disebabkan karena penyakit jenis ini. Data 2019, untuk Indonesia, kasus PTM sejak 2013-2018 terus mengalami peningkatan.

Data itu menyebutkan pengidap hipertensi meningkat 34 persen, diabetes melitus 8,5 persen, obesitas 31 persen, dan semua itu diperburuk dengan meningkatnya pula kasus penyakit menular seperti TBC, HIV dan AIDS. Pun, Indonesia juga baru saja menghadapi wabah Covid-19. Oleh karenanya, diharapkan seluruh pihak menerapkan budaya Germas dan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

"Mari budayakan Germas dalam kehidupan sehari-hari agar masyarakat sehat menuju Indonesia Emas 2045," katanya.

Adapun Germas Award Tahun 2022 dibagi menjadi lima kategori dengan melibatkan seluruh kementerian/lembaga. Terdapat tujuh indikator penilaian, meliputi kebijakan atau regulasi Germas, adanya penanganan Germas, sosialisasi Germas kepada seluruh karyawan, pembudayaan Germas, implementasi Germas, penanganan Covid-19 serta evaluasi dan tindak lanjut pembudayaan Germas.

Hasilnya, untuk kategori Pelaksanaan Deteksi Dini Penyakit dan Inovasi dimenangkan oleh KPK; kategori Pelaksanaan Aktivitas Fisik diraih oleh Badan Keamanan Laut RI; kategori Peningkatan Kualitas Lingkungan Sehat diraih oleh Kepolisian RI; kategori Dukungan Komitmen diraih oleh Kementerian Pertahanan.

Sementara kategori Pembudayaan Germas Kementerian/Lembaga tahun 2022 diraih oleh Kementerian Pendahayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Penilaian dilakukan selama dua bulan sejak 29 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2022 dan bertindak sebagai juri ialah Kemenko PMK, Kemenkes, Kemendagri, BRIN, Bappenas, dan Sekretariat Kabinet.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA