Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Agar Tidak Dikorupsi, KPK Pelototi Distribusi Bantuan ke Korban Gempa Cianjur

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 30 November 2022, 19:52 WIB
Agar Tidak Dikorupsi, KPK Pelototi Distribusi Bantuan ke Korban Gempa Cianjur
Ketua Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) KPK, Cahya H. Harefa (kemeja putih) saat bagikan bantuan ke korban gempa Cianjur/RMOL
Pendistribusian donasi dan bantuan bagi para korban bencana gempa bumi yang melanda wilayah Cianjur dan sekitarnya dipelototi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tujuannya, agar bantuan dapat tepat sasaran dan tidak terjadi praktik-praktik tindak pidana korupsi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) KPK, Cahya H. Harefa yang juga merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK saat menyerahkan bantuan yang dikumpulkan oleh pimpinan, Dewan Pengawas (Dewas), dan pegawai KPK, Rabu (30/11).

Cahya mengatakan, selain memberikan bantuan, KPK juga memberikan perhatian terhadap pendistribusian donasi bagi para korban bencana secara keseluruhan agar tepat sasaran dan tidak terjadi praktik-praktik tindak pidana korupsi.

"Dari histori penanganan perkara oleh KPK, pengelolaan dana bantuan kebencanaan menjadi salah satu modus tindak pidana korupsi para pihak yang menyalahgunakan kewenangannya. Kami tidak ingin hal ini terjadi, oleh karena itu KPK juga memberikan atensi dalam pendistribusian donasi bencana Cianjur ini," ujar Cahya kepada wartawan, Rabu (30/11).

Cahya menjelaskan, KPK melalui Kedeputian Koordinasi Supervisi serta Kedeputian Pencegahan dan Monitoring, secara kontinyu akan melakukan pendampingan kepada pemerintah daerah Cianjur untuk memitigasi dan mencegah terjadinya risiko korupsi tersebut.

Untuk memperlancar pendistribusian donasi ini, Korpri KPK pun menggandeng para komunitas relawan setempat. Agar donasi yang disampaikan tersebut bisa segera terdistribusi langsung kepada para korban yang membutuhkan.

"Semoga teman-teman di Cianjur bisa tetap tabah dan kuat menghadapi cobaan ini, dan yang terpenting tetap memiliki semangat untuk kembali pulih dan bangkit,” pungkas Cahya saat mengunjungi warga Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang yang menjadi salah satu wilayah terdampak parah dalam bencana tersebut.

Donasi tersebut disampaikan langsung oleh Cahya yang diterima oleh Bupati Cianjur Herman Suherman bersama Sekretaris Daerah Cecep S. Alamsyah di Pendopo Kabupaten Cianjur.

Donasi yang disampaikan tersebut berupa uang tunai maupun barang, seperti makanan dan minuman, pakaian, perlengkapan bayi dan anak-anak, peralatan ibadah, perlengkapan mandi, tikar, selimut, hingga tenda.

ARTIKEL LAINNYA