Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

KPK Setor 2,2 M ke Kas Negara, Hasil Rampasan Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 24 November 2022, 11:04 WIB
KPK Setor 2,2 M ke Kas Negara, Hasil Rampasan Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud
Bupati Penajam Paser Utara (PPU) non-aktif, Abdul Gafur Mas'ud/Net
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menyetor uang Rp 2,2 miliar ke kas negara. Uang tersebut merupakan hasil pembayaran uang pengganti dan uang rampasan dari Bupati Penajam Paser Utara (PPU) non-aktif, Abdul Gafur Mas'ud dkk.

Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, Jaksa Eksekutor KPK, Andry Prihandono melalui Biro Keuangan KPK telah melakukan penyetoran ke kas negara uang sejumlah Rp 2,2 miliar dari pembayaran uang pengganti dan uang rampasan terpidana Abdul Gafur Mas’ud dkk.

"Dengan rincian, Abdul Gafur Mas’ud membayar uang pengganti Rp 1,5 miliar dan masih tersisa Rp 4,1 miliar," ujar Ali kepada wartawan, Kamis siang (24/11).

Selanjutnya, dari Muliadi membayar uang pengganti sebesar Rp 111 juta, dan masih tersisa Rp 410 juta. Dari Edi Hasmoro, membayar uang pengganti Rp 55 juta dan masih tersisa Rp 557 juta. Dan dari uang rampasan yang sebelumnya menjadi barang bukti sebesar Rp 60 juta.

"KPK tetap terus melakukan penagihan atas kewajiban uang pengganti dari para terpidana korupsi tersebut sebagai upaya untuk memaksimalkan asset recovery," pungkas Ali.

Abdul Gafur sendiri telah dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Balikpapan untuk menjalani pidana penjara selama 5,5 tahun pada Rabu (19/10).

ARTIKEL LAINNYA