Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tantang Penyelidikan Formula E Dibuka ke Publik, Wakil Ketua KPK: Biar Tak Dicurigai Kriminalisasi

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 03 Oktober 2022, 21:00 WIB
Tantang Penyelidikan Formula E Dibuka ke Publik, Wakil Ketua KPK: Biar Tak Dicurigai Kriminalisasi
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata/Net
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengaku tidak akan terpengaruh apalagi merasa terintimidasi meski namanya ikut disebut dalam laporan Koran Tempo terkait penyelidikan Formula E.

“Saya tidak merasa terintimidasi, atau merasa seolah-olah dipaksa untuk menghentikan suatu kasus atau melanjutkan suatu kasus. Saya betul-betul hanya berpegang pada aturan, dan kemudian berstandarkan pada alat bukti, itu saja,” kata Alex kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/10).

Lantas Alex menantang agar proses penyelidikan yang telah dilakukan oleh KPK terkait dengan penyelenggaraan Formula E dibuka ke publik. Dengan harapan, seluruh masyarakat mengetahui secara pasti proses hukum yang sudah dilakukan oleh KPK.

“Bagaimana kalau proses lidik itu kita buka saja, kan gitu. Supaya masyarakat, teman-teman wartawan juga mengetahui, apa sih dari hasil lidik itu yang sudah diperoleh oleh KPK. Dari keterangan para saksi yang sudah dipanggil apa yang mereka terangkan, kan begitu. Supaya apa? Supaya masyarakat tidak lagi curiga ya, seolah-olah kami ini mengkriminalisasi seseorang,” tantang Alex.

Dengan begitu, Alex memastikan bahwa KPK sama sekali tidak ada niat apalagi berupaya menargetkan seseorang menjadi tersangka. Alex hanya memastikan bahwa penyelidikan penyelenggaraan Formula E ini akan terus berlanjut hingga ditemukan titik terang atau unsur pidana di dalamnya.

“Ini masih kami lanjutkan dan kami tidak terpengaruh dengan deklarasi yang bersangkutan sebagai capres oleh salah satu parpol. Itu perlu saya tekankan,” pungkas Alex.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA