Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Usai Sambangi 6 Kota di Sumsel dan Lampung, Roadshow Bus KPK akan Singgah di Banten Besok

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 29 September 2022, 17:41 WIB
Usai Sambangi 6 Kota di Sumsel dan Lampung, Roadshow Bus KPK akan Singgah di Banten Besok
Ketua KPK RI Firli Bahuri saat melepas Bus Antikorupsi"Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi"/Ist
Setelah menghadiri enam kota di Sumatera Selatan (Sumsel) dan Lampung, Roadshow Bus Antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan berlanjut di Provinsi Banten.

Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, program kampanye antikorupsi melalui Roadshow Bus KPK melanjutkan rangkaian kegiatannya ke Provinsi Banten.

"Kota Serang menjadi persinggahan pertama Bus KPK, yang secara resmi akan dimulai pada pada hari Jumat, 30 September 2022," ujar Ali kepada wartawan, Kamis (29/9).

Dalam persinggahan pertama Bus KPK itu kata Ali, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron direncanakan akan hadir dan membuka kegiatan tersebut di Alun-alun Barat, bersama dengan jajaran pemerintahan Provinsi Banten dan Kota Serang.

Selain itu kata Ali, akan hadir pula pejabat struktural KPK lainnya, yang akan menjadi narasumber dalam sejumlah kegiatan kampanye dan sosialiasasi Roadshow Bus Antikorupsi ini selama tiga hari, 30 September hingga 2 Oktober 2022.

Adapun para pemangku kepentingan yang akan turut serta antara lain, para peserta didik dari jenjang pendidikan PAUD, TK, SD, SMP dan SMA, mahasiswa Perguruan Tinggi, para tenaga pendidik dan pengajar, para kiai dan santri di Pondok Pesantren serta masyarakat umum di Kota Serang, Banten.

"Rangkaian kegiatan kampanye dan sosialisasi antikorupsi yang dilaksanakan di antaranya adalah edukasi antikorupsi untuk pelajar dan masyarakat umum dengan mendongeng, playday boardgames, dan pemutaran film antikorupsi. KPK juga akan menggelar pameran pelayanan publik bekerjasama dengan Pemda yang bersinergi dengan instansi pelayanan publik setempat," jelas Ali.

Selanjutnya kata Ali, juga akan dilaksanakan kuliah umum di Kampus Universitas Tirtayasa dan Edukasi Antikorupsi kepada Tenaga Pendidik di Aula SMK 2 juga akan diselenggarakan pada hari pertama.

Kemudian para hari kedua, Sabtu (1/10), KPK akan memberikan bimbingan teknis peningkatan peran serta masyarakat Kota Serang dalam Pemberantasan Korupsi. KPK juga bersilaturahmi kepada para ulama se-Provinsi Banten di Pondok Pesantren Dar El Istiqomah, serta berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Mubarok.

"Di hari terakhir, rangkaian kegiatan ini akan ditutup dengan Pentas Seni Budaya di Alun-Alun dan Car Free Day di Hari Minggu pagi, 2 Oktober 2022. Selanjutnya, Bus KPK akan mengunjungi kota berikutnya di Provinsi Banten, yaitu kota Cilegon," pungkas Ali.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA