Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kooperatif Datangi Panggilan KPK, Nama Anies Baswedan Makin Melambung

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 11 September 2022, 22:59 WIB
Kooperatif Datangi Panggilan KPK, Nama Anies Baswedan Makin Melambung
Gubernur DKI Jakarta saat kooperatif penuhi panggilan KPK/RMOL
Usai kooperatif memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait gelaran Formula E, sosok Anies Baswedan semakin memlambung di hadapan publik.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam  berpendapat, Anies tidak seperti kepala daerah lainnya yang sering menunda jadwal pemeriksaan KPK. Gubernur DKI Jakarta itu justru menunjukkan sikap kooperatif saat diundang tim penyelidik KPK.

Hasilnya, citra positif didapat Anies karena dianggap memiliki komitmen tinggi dalam penegakan antikorupsi di tanah air.

Baginya, apa yang ditunjukkan Anies merupakan bentuk sikap seorang pemimpin sejati. Pada saat dipanggil oleh KPK, Anies langsung mendatangi KPK.

“Pemanggilan Anies oleh KPK justru menjadi panggung bagi Anies, bukan negatif tapi justru positif bagi Anies," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (11/9).

Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini menilai, mantan Mendikbud era pemerintahan awal Presiden Jokowi ini diuntungkan atas sikapnya itu. Sebab, publik akan menganggap Anies mendukung pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) yang dilakukan KPK.

"Anies tidak seperti kepala daerah dan pejabat negara lain yang cenderung menunda-nunda pada saat dipanggil KPK. Dengan adanya hal yang demikian, maka tentu akan semakin melambungkan nama Anies sebagai kandidat presiden pada 2024 mendatang," pungkas Saiful.

ARTIKEL LAINNYA