Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dokumen Penerimaan Mahasiswa Unila Dikantongi KPK Usai Geledah Paksa 3 Fakultas

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 24 Agustus 2022, 11:42 WIB
Dokumen Penerimaan Mahasiswa Unila Dikantongi KPK Usai Geledah Paksa 3 Fakultas
Rektor Unila, Karomani/Net
Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menemukan dokumen Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) terkait kasus dugaan suap penerimaan calon mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila) tahun 2022. Penemuan didapat setelah penyidik menggeledah tiga kantor fakultas.

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan, tim penyidik telah selesai melaksanakan upaya paksa penggeledahan di beberapa lokasi di Unila pada Selasa (23/8).

"Di antaranya, kantor Fakultas Kedokteran, kantor Fakultas Hukum, dan kantor Fakultas FKIP," ujar Ali kepada wartawan, Rabu siang (24/8).

Dari penggeledahan di tiga kantor Fakultas di Unila itu, tim penyidik menemukan dan mengamankan barang bukti berupa dokumen terkait PMB dan data elektronik.

"Tim segera lakukan analisis dan menyitanya sebagai barang bukti untuk perkara dimaksud," pungkas Ali.

Pada Senin (22/8), tim penyidik juga telah menggeledah kantor Rektorat Unila. Dari penggeledahan itu, tim penyidik mengamankan barang bukti berupa dokumen PMB dan barang elektronik.

KPK resmi menetapkan dan menahan empat orang tersangka usai melakukan kegiatan tangkap tangan pada Jumat malam (19/8) hingga Sabtu (20/8), yaitu Karomani (KRM) selaku Rektor Unila periode 2020-2024; Heryandi (HY) selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila; Muhammad Basri (MB) selaku Ketua Senat Unila; dan Andi Desfiandi (AD) selaku swasta.

ARTIKEL LAINNYA