Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Manajemen Kawan Lama Beri SP III ke Terduga Pelaku Pelecehan Seksual

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Jumat, 19 Agustus 2022, 04:18 WIB
Manajemen Kawan Lama Beri SP III ke Terduga Pelaku Pelecehan Seksual
Ilustrasi/Net
Manajemen Kawan Lama Group menyebut percakapan dalam WA group yang berisi dugaan tindakan pelecehan seksual dilakukan karyawan merupakan ranah privasi.

Hal itu disampaikan Vice President Government Relations Kawan Lama Group, Dasep Suryanto dalam akun instagram @kawanlamagroup yang dikutip redaksi, Kamis (18/8).

"Dalam proses pendalaman, kami menemukan bahwa group chat yang disebutkan dalam utas tersebut merupakan ranah privasi individu, sehingga interaksi yang terjadi di group tersebut menjadi di luar kewenangan perusahaan," kata Dasep.

Meski begitu, pihak manajemen telah memberikan sanksi berupa Surat Peringatan ke 3 kepada pasa terduga pelaku pelecehan seksual.

"Meskipun demikian, pada salah satu interaksi di dalam group chat telah ditemukan pelanggaran norma yang diatur dalam Peraturan Perusahaan dan Standar Perilaku Bisnis Kawan Lama Group. Atas dasar itu, kami memberikan sanksi kepada pihak-pihak yang terbukti melakukan pelanggaran berupa SP III (Surat Peringatan ke-3)," kata Dasep.

Diketahui sebelumnya, seorang karyawan perusahaan ternama di Indonesia diduga menjadi korban pelecehan seksual oleh rekan kerjanya. Kronologis dugaan kasus itu diceritakan oleh suami korban dan viral di media sosial. 

"(Pelecehan) Istri saya mendapat pelecehan berupa chat di grup pertemanan kantornya. Cerita berawal saat istri diminta menjadi model foto produk kantornya," tulis Richo Pramono dalam unggahan di twitter dengan akun @jerangkah yang dikutip redaksi, Senin (15/8).  

Saat itu korban berinisial RA tengah menjadi model sukarela dalam memperkenalkan produk. Namun, saat sesi foto, ada salah seorang fotografi yang memotret bagian tubuh RA. Bagian tubuh itu pun menjadi bahan pembicaraan di WA Group.  

"Bukan hanya tidak ijin, foto tersebut diambil saat istri belum siap untuk memulai proses pemotretan. Masih fitting. Itu kenapa masih ada bra yg melekat di punggung. Beda dengan foto hasil yg digunakan unit bisnisnya," sambung Richo dalam unggahannya.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA