Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

KPK: Jika Legislatif Tidak Berintegritas, Kita Khawatir Pasal demi Pasal Hanya Melahirkan Cuan

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 16 Agustus 2022, 14:28 WIB
KPK: Jika Legislatif Tidak Berintegritas, Kita Khawatir Pasal demi Pasal Hanya Melahirkan Cuan
Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron/Net
Di hadapan pengurus dan kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) "sentil" anggota legislatif yang tidak berintegritas dan hanya pintar menghasilkan "cuan" dari "menjual" pasal-pasal.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron di hadapan puluhan pengurus DPP Partai Nasdem di acara Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022 yang diselenggarakan secara langsung di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Kuningan, Jakarta Selatan dan virtual pada hari ini, Selasa (16/8).

Ghufron mengatakan, KPK sudah memahami dan hafal modus-modus korupsi yang terjadi di DPR maupun DPRD hingga ke tingkat Kabupaten/Kota. Di mana modusnya adalah, memperdagangkan pasal, memperdagangkan ketok palu, memperdagangkan izin, dan lain-lain.

"Ini kan sudah rutin pak, kami sudah hafal dengan pola-pola korup yang di DPRD seperti apa, di eksekutif seperti apa. Tapi apakah kemudian ini menjadi rutin terus? Dan sampai kapan?" ujar Ghufron seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Selasa siang (16/8).

Sehingga kata Ghufron, melalui kegiatan PCB, KPK menyumbang materi soal integritas agar para kader-kader partai politik (parpol) memiliki integritas saat menjadi "pelayan" masyarakat.

"Karena kalau orang pintar, pintar legislator pak, bikin legal draft bikin UU. Saya 6 tahun di Badan Legislasi pak. Jadi sangat tahu beberapa kader di sini. Saya tahun 2005 hingga 2011 di Badan Legislasi. Jadi, kalau pintar bikin UU tapi tak berintegritas, pasal demi pasalnya bisa dijual pak. Tapi sebaliknya pak, integritas tapi tak punya kemampuan legal drafter, bisa dibodoh-bodohi, bisa dikelabui," kata Ghufron.

Sehingga kata Ghufron, anggota legislatif harus memiliki kedua-duanya, yakni pintar dan berintegritas.

"Tapi kalau tidak dua-duanya pak, kita khawatir, pasal demi pasal hanya melahirkan cuan, bisa kemudian dibargainkan dan lain-lain," pungkas Ghufron.

Pengurus DPP Nasdem yang hadir langsung di acara PCB KPK ini di antaranya, Ketua Koordinator Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis, Suyoto; Ketua DPP Bidang Perempuan dan Anak, Virgie Baker; Ketua DPP Bidang Pemilih Pemula dan Milenial, Lathifah Al Anshori; dan beberapa Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Nasdem.

ARTIKEL LAINNYA