Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Semester Pertama 2022, KPK Sudah Selamatkan Keuangan Negara Rp 26,16 Triliun

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 11 Agustus 2022, 21:10 WIB
Semester Pertama 2022, KPK Sudah Selamatkan Keuangan Negara Rp 26,16 Triliun
Gedung Merah Putih KPK/Net
Sepanjang semester 1 tahun 2022, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menyelamatkan keuangan negara senilai Rp 26,16 triliun. Hal itu merupakan kinerja dari Kedeputian Koordinasi dan Supervisi KPK.

Capaian kinerja ini disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK, Didik Agung Widjanarko didampingi oleh Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, dan Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis sore (11/8).

Didik mengatakan, KPK bertugas melakukan koordinasi dan supervisi berdasarkan Pasal 6 huruf b dan d dan Pasal 18 hruuf b-e UU 19/2019 tentang KPK.

Koordinasi dimaksud kata Didik, mencakup penetapan sistem pelaporan, permintaan informasi, mengadakan dengar pendapat atau pertemuan, serta meminta laporan pencegahan terhadap instansi yang berwenang dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

"KPK pun terus mendampingi pemerintah melakukan penyelamatan keuangan negara dan keuangan negara," ujar Didik kepada wartawan.

Dari koordinasi pencegahan ini kata Didik, selama semester 1 tahun 2022 ini, Kedeputian Koordinasi dan Supervisi KPK berhasil menyelamatkan keuangan negara mencapai Rp 26,16 triliun.

"Untuk semester ini, kita sudah mencapai penyelamatan sebanyak Rp 26,16 triliun. Rinciannya, optimalisasi pendapatan daerah sebesar Rp 3,17 triliun, dan penyelamatan atau penertiban aset pemerintah sebesar Rp 22,98 triliun," pungkas Didik.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA