Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Firli Bahuri: SPI Libatkan 255 Ribu Responden, Kalahkan Survei yang Lain

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 00:38 WIB
Firli Bahuri: SPI Libatkan 255 Ribu Responden, Kalahkan Survei yang Lain
Ketua KPK, Firli Bahuri (tengah)/RMOL
Survei Penilaian Integritas (SPI) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan survei terbesar karena melibatkan 255.010 responden di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPK, Firli Bahuri menjawab pertanyaan hasil survei beberapa pihak terkait kinerja KPK.

Firli mengatakan, dirinya selalu mengikuti survei. Bahkan, survei apapun dibaca. Akan tetapi, Firli menegaskan bahwa survei tidak ada yang keliru, melainkan momentum kapan pengambilan sampel survei tersebut.

"Jadi kalau seandainya anda lakukan survei di saat misalnya kenaikan BBM. Pertanyaan satu saja, apakah pemerintah pro rakyat? Pasti jawabannya tidak. Tinggal kapan momentumnya survei," ujar Firli kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (8/8).

Bahkan kata Firli, KPK mengundang pihak-pihak yang melakukan survei terkait dengan KPK untuk dijadikan catatan dan masukan.

"Survei terbesar adalah Survei Penilaian Integritas. Kenapa? Karena jumlah respondennya 255.010. ini terbesar. Kalau survei elektabilitas kemarin saya baca tuh hanya 1.200 orang. Tapi itu surveinya begitu, ya kita terima. Enggak ada yang protes. Hari ini survei, besok survei, lusa survei. Bahkan ada di suatu saat yang sama, surveinya berbeda, hasilnya berbeda, bisa terjadi," jelas Firli.

Firli mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah membantah dan menolak hasil survei. Bagi KPK, hasil survei digunakan sebagai bahan kajian. Ia menekankan bahwa lembaga antirasuah berterima kasih pada lembaga-lembaga yang melakukan survei.

"Sama halnya dengan ada pihak-pihak melakukan gugatan praperadilan. Kita tidak alergi, itu bagus. Karena itu adalah salah satu alat kontrol untuk menguji, mengawasi kerja-kerja KPK," sambung Firli menutup.

SPI tahun 2022 ini dilaksanakan secara serentak terhadap 98 kementerian/lembaga, 34 pemerintah provinsi, dan 508 pemerintah kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang sudah dimulai sejak Jumat (1/7) hingga Jumat (30/9).

KPK menyebar kuisioner SPI ini kepada 2,5 juta orang yang terdiri dari pegawai Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/P/D). Diharapkan, sebanyak 375 ribu responden akan mengisi dan mengembalikan kuesioner tersebut kepada KPK.

ARTIKEL LAINNYA