Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diungkap Firli, Salah Satu Program Unggalan KPK adalah Revolusi Mental

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 08 Agustus 2022, 20:21 WIB
Diungkap Firli, Salah Satu Program Unggalan KPK adalah Revolusi Mental
Ketua KPK RI, Firli Bahuri/Net
rmol news logo Program unggulan dan program prioritas yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berlandaskan dari Program Prioritas Nasional, salah satunya terkait dengan revolusi mental.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPK, Firli Bahuri saat menyampaikan kinerja KPK Semester 1 pada Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin sore (8/8) bersama Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana dan Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati.

Dalam kegiatan ini, Firli membeberkan empat program prioritas dan lima program unggulan KPK tahun 2022. Program prioritas KPK, yakni Survei Penilaian Integritas (SPI), monitoring implementasi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK), pengembalian aset atau asset recovery, dan pengembangan Sistem Penanganan Perkara Tindak Pidana secara Terpadu berbasis Teknologi Informasi (SPPT TI).

Selanjutnya, program unggulan KPK, yaitu Program Peningkatan Integritas untuk Penyelenggara Negara (PAKU Integritas); mengembangkan dan membangun Indonesia tanpa korupsi dari desa; Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu; tata kelola parpol; dan tindak lanjut SPI.

"Kalau kita lihat tadi ada empat program prioritas, ada lima program unggulan, itu sebenarnya disusun dan diturunkan dari program-program prioritas nasional," ujar Firli kepada wartawan.

Firli mengatakan, program prioritas nasional ada tujuh. Namun, yang dikerjakan oleh KPK ada empat program yang berkaitan dengan KPK.

"Di antaranya adalah, pendidikan masyarakat itu. Karena ada yang disebut dengan revolusi mental. Jadi di sini ada meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berbudaya saing. Revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. Jadi program-program yang dibuat oleh KPK sekarang, itu ada cantolannya. Dari regulasinya ada, program pemerintah ada," kata Firli.

Empat program prioritas nasional yang dikerjakan oleh KPK, yaitu memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan; meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing; dan melakukan revolusi mental dan pembangunan kebudayaan.

"Karena tidak mungkin kita bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing kalau tidak diberikan pendidikan. Baik itu untuk keterampilan dan keahlian soft skill maupun hard skill. Membangun mindset dan budaya," jelas Firli.

Dan yang keempat, yakni memperkuat stabilitas politik hukum dan keamanan, serta transparansi pelayanan publik.

"Empat prioritas itu lah yang dikerjakan oleh KPK dan diturunkan dalam program-program serta kegiatan KPK," pungkas Firli.rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA