Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Publik Percaya KPK Lebih Baik, Ali Fikri: Jadi Dukungan Positif Kami untuk Meningkatkan Kinerja Pemberantasan Korupsi

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 08 Agustus 2022, 16:39 WIB
Publik Percaya KPK Lebih Baik, Ali Fikri: Jadi Dukungan Positif Kami untuk Meningkatkan Kinerja Pemberantasan Korupsi
Plt jurubicara bidang penindakan KPK, Ali Fikri/Net
Mayoritas publik yakin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah kepemimpinan Firli Bahuri dkk berintegritas dan yakin akan lebih baik di sisa masa periode sampai 2023 mendatang.

Hal itu merupakan hasil jejak pendapat yang dilakukan oleh Koran Kompas yang terbit pada hari ini, Senin (8/8).

Dengan adanya jejak pendapat itu, Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri memberikan tanggapan terkait hasil yang menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat yakin terhadap kinerja KPK ke depannya.

"Hal ini tentu menjadi dukungan positif bagi KPK untuk terus meningkatkan kinerja pemberantasan korupsi, karena kami menyakini sepenuhnya bahwa keberhasilan kinerja pemberantasan korupsi harus melibatkan masyarakat dari seluruh unsur," ujar Ali kepada wartawan, Senin sore (8/8).

Ali mengatakan, potret keyakinan positif publik itu selaras dengan skor Indeks Perilaku Antikorupsi (IPAK) yang baru dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pekan lalu yang menunjukkan trend peningkatan positif.

"Di mana tahun ini skor IPAK mencapai 3,93 atau naik 0,05 poin dibandingkan tahun 2021 dengan skor 3,88," kata Ali.

IPAK kata Ali, menggunakan skala indeks 0-5, di mana rentang indeks 0-1,25 sangat permisif dan skor di atas 3,76-5,00 adalah sangat antikorupsi. Maka, skor IPAK 2022 dikategorikan sangat antikorupsi.

"Pandangan ini juga relevan bahwa keberhasilan pemberantasan korupsi bukan saja diukur dari semakin banyaknya menangkap para pelaku korupsi, tapi juga bagaimana kita bisa menurunkan tingkat korupsi bersama seluruh elemen masyarakat. Oleh karenanya, KPK penting menguatkan pemberantasan korupsi tidak hanya melalui strategi represif, tapi juga strategi preventif dan edukatif secara simultan," pungkas Ali.

Dalam survei Kompas itu yang ditanggapi oleh Ali, terkait dengan pertanyaan "Yakinkah Anda, kinerja KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri akan lebih baik lagi di sisa masa periodenya sampa 2023?".

Hasilnya, 59 persen responden menjawab yakin, 36,7 persen responden menjawab tidak yakin, dan 4,3 persen responden menjawab tidak tahu.

Pengumpulan pendapat itu dilakukan melalui telepon oleh Litbang Kompas pada 19-21 Juli 2022. Sebanyak 502 responden berusia minimal 17 tahun dari 34 provinsi diwawancara.

Sampel tersebut ditentukan secara acak dari responden panel Litbang Kompas sesuai proporsi jumlah penduduk di 34 provinsi. Jajak pendapat itu memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dengan nirpencuplikan penelitian kurang lebih 4,37 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Meskipun demikian, kesalahan di luar pencuplikan sampel dimungkinkan terjadi.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA