Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sebelum Kematian Brigadir J Para Ajudan Sambo Masih Berseloroh

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 26 Juli 2022, 20:44 WIB
Sebelum Kematian Brigadir J Para Ajudan Sambo Masih Berseloroh
Konferensi Pers Komnas HAM usai melakukan pemeriksaan terhadap para saksi yaitu sejumlah ajudan Irjen Ferdy Sambo/RMOL
Kejadian sebelum kematian Brigadir J di rumah Kadiv Propam nonaktif, Irjen Ferdy Sambo, menjadi salah satu materi pemeriksaan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) kepada 6 ajudan Ferdy Sambo.

Hal tersebut disampaikan Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, dalam jumpa pers usai pemeriksaan di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/7).

"Kami juga mendalami spektrum sebelum hari H. Kami tarik ke belakang, apa yang terjadi apa peristiwa dan kondisinya kaya apa," ujar Anam.

Anam menjelaskan, salah satu cara yang dilakukan Komnas HAM untuk mengetahui peristiwa yang terjadi sebelum Brigadir J tewas di rumah dinas Sambo, yakni menanyakan situasi yang terjadi di antara para ajudan Sambo.

"Misalnya, ini kondisinya bercanda tertawa atau tegang? Itu kami tarik," paparnya.

Dari hasil pemeriksaan keenam ajudan Sambo hari ini, Anam menyatakan bahwa rerata di antara mereka masih berseloroh.

"Beberapa orang yang ikut dalam forum itu ngomongnya memang tertawa. Itu yang kami tanya. Jadi kami lihat spektrum bagaimana kondisinya," ungkapnya.

"Ini penting untuk melihat sesuatu yang kami dapatkan sendiri oleh Komnas HAM, untuk melihat constrain waktu dan melihat konteks yang terjadi dalam constrain waktu itu, termasuk tadi yang saya bilang di awal soal tertawa," tandas Anam.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA