Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Forum ACWG G20, Firli Bahuri Dorong Koruptor Dimiskinkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 08 Juli 2022, 14:50 WIB
Di Forum ACWG G20, Firli Bahuri Dorong Koruptor Dimiskinkan
Ketua KPK RI Firli Bahuri saat memimpin forum ACWG G20 di Nusa Dua, Bali/Ist
rmol news logo Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membawa empat isu prioritas pada forum Anti-Corruption Working Group (ACWG) yang diikuti oleh delegasi negara-negara anggota G20, salah satunya ialah meminta seluruh aparat penegak hukum (APH) menerapkan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) bagi para koruptor.

“Kita libatkan semua APH untuk melakukan penanganan TPPU. Karena sesungguhnya korupsi tidak bisa hanya ditangani dengan cara penindakan, menghukum orang,” kata Firli usai membuka acara ACWG G20 di Nusa Dua Bali, Kamis (7/7).

Firli menegaskan bahwa pemidanaan badan dirasa kurang membuat seseorang jera lalu kemudian tidak melakukan korupsi. Oleh sebab itu menurut Firli, penerapan pasal TPPU dianggap paling jitu membuat kapok pejabat untuk berbuat korupsi.

“Orang gak kapok dihukum. Yang buat orang kapok adalah kalau dikenakan TPPU, makanya kita ajak semua APH agar setiap tindak pidana korupsi dilekatkan dengan TPPU. Orang tidak takut hukuman badan, tapi takut dimiskinkan,” tegas Firli.

Disisi lain, Firli menyampaikan bahwa empat isu prioritas yang dibawa oleh KPK dalam forum ACWG G20 ialah bagaimana meningkatkan peran audit. Menurutnya, peningkatan peran audit akan meminimalisir adanya penyelewengan.

“Kita memanfaatkan audit dalam rangka pencegahan dan pemberantasan korupsi. Korupsi muncul dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengesahan, dan evaluasi. Itu ada peran audit, kita angkat isu ini agar kita bisa mewujudkan High Level Principles sebagai acuan kerja untuk dunia global,” beber Firli.

Komandan pemberantasan korupsi ini berharap, empat isu prioritas yang menjadi agenda di dalam forum Anti-Corruption Working Group (ACWG) disahkan menjadi sebuah dokumen kebijakan bagi negara-negara anggota G20.

“Kita berharap 4 agenda ini bisa disetujui pada periode keketuaan Indonesia tahun ini. Tadi saya mengikuti, sembilan negara yang hadir fisik dan 10 negara hadir virtual, termasuk Uni Eropa, kelihatannya 4 focal point akan disepakati dan dirumuskan. Nanti deklarasi kesepakatannya kemungkinan akan dilakukan di Australia pada bulan September di ACWG putraran berikutnya,” demikian Firli.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA