Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jadi Saksi Persidangan, Fadli Zon Tegaskan Isi Ceramah Habib Bahar Soal Peristiwa KM 50 Bukan Kebohongan

LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 08 Juli 2022, 07:32 WIB
Jadi Saksi Persidangan, Fadli Zon Tegaskan Isi Ceramah Habib Bahar Soal Peristiwa KM 50 Bukan Kebohongan
Sidang kasus Habib Bahar Bin Smit di PN Bandung/RMOLJabar
Isi ceramah Habib Bahar bin Smith soal kematian 6 Laskar FPI bukan sebuah kebohongan. Setidaknya itu yang ditegaskan anggota DPR RI Fadli Zon saat menjadi salah satu saksi dalam lanjutan sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis (7/7).

Habib Bahar diseret ke meja hijau karena isi ceramahnya yang dianggap menyebar berita bohong. Dalam dakwaan jaksa, Habib Bahar menyebutkan enam laskar FPI dibantai, disiksa, dikuliti, dicopot kukunya, hingga dibakar kemaluannya.

"Yang disampaikan Habib Bahar mendekati kebenaran terkait fakta-fakta jenazah korban KM 50," ucap Fadli Zon di persidangan, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu kemudian bercerita saat dirinya ikut membantu proses pemulangan jenazah 6 Laskar FPI ke pihak keluarga.

Fadli Zon diminta oleh Habib Rizieq untuk membantu proses pemulangan jenazah di Rumah Sakit Polri, Jakarta Timur. Karena pihak keluarga menginginkan membawa pulang jenazah, agar hak-hak mereka sebagai seorang muslim bisa terpenuhi.

"Saya membantu proses mengeluarkan enam jenazah yang wafat masih berada di rumah sakit. Saya sebagai anggota DPR mempunyai kewajiban kepada masyarakat," tutur Fadli Zon.

Fadli Zon mengaku melihat langsung kondisi jenazah Andri Oktiawan (33) salah satu anggota Laskar FPI yang tewas dalam peristiwa KM 50.

"Saya melihat secara langsung, ada yang motret dan memperlihatkan bagian luka dan bekas peluru," paparnya.

"Saya bukan ahli. Di situ banyak sekali luka lebam, di mata kirinya jenazah luka, ada beberapa jaitan di bagian tubuh, kemudian luka memar, tadinya tidak terlihat sebelum dimandikan," imbuhnya.

Habib Bahar kemudian menanyakan kepada Fadli Zon soal kondisi jenazah lima anggota Laskar FPI lainnya. Menurutnya, ada foto-foto yang beredar soal kondisi jenazah tersebut.

Fadli Zon mengaku dirinya juga mengetahui soal foto-foto jenazah lainnya yang kondisinya juga sama dengan jenazah yang dilihatnya.

"Saya juga sudah melihat foto-foto itu, dari video yang ada, kurang lebih sama terhadap jenazah lain, ada dugaan penyiksaan, luka-luka, lebam dan lainnya," jelasnya.

"Anda lihat tidak yang diduga dicopot kukunya?" tanya Bahar.

"Tidak secara langsung," jawab Fadli.

"Anda lihat foto yang kuku dicabut?" tanya Bahar lagi.

"Kalau tidak salah pernah. Saya tidak hapal, tetapi kalau tidak salah di antara foto itu seperti kukunya tidak ada," kata Fadli lagi.

"Apakah melihat foto yang kemaluannya dibakar? Kulit terkelupas selain saksi yang Anda lihat?" tanya Bahar lagi.

"Iya lihat," jawab Fadli.

"Ketika Anda melihat itu, kemaluan dibakar, kulit terkelupas, kuku copot, itu sama seperti yang saya sampaikan di ceramah. Saya bohong tidak?" kata Bahar.

"Menurut saya tidak bohong," jawab Fadli.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA