Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

ICW Berisik Soal Harun Masiku, Padahal Masih Ada 3 Buronan "Warisan" Agus Rahardjo Dkk

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 29 Juni 2022, 11:12 WIB
ICW Berisik Soal Harun Masiku, Padahal Masih Ada 3 Buronan
Plt Jurubicara KPK, Ali Fikri/RMOL
Ada beberapa buronan yang masih dicari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga saat ini. Bahkan beberapa di antaranya merupakan buronan era sebelum kepemimpinan Firli Bahuri.

Plt Jurubicara KPK, Ali Fikri mengaku heran organisasi seperti Indonesia Corruption Watch (ICW) justru hanya menyoroti buronan bekas caleg PDIP, Harun Masiku.

"Kenapa ICW hanya fokus soal buronan Harun Masiku?" ujar Ali kepada wartawan, Rabu pagi (29/6).

Keheranan itu disampaikan Ali Fikri menanggapi adanya aksi teatrikal ICW di depan Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (28/6).

Buronan KPK bukan hanya Harun Masiku, melainkan ada tiga buronan yang merupakan warisan dari pimpinan era Agus Rahardjo dkk. Semua perkara yang tersangkanya masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) saat ini sama pentingnya untuk dicari dan segera diselesaikan.

"Setidaknya ada sekitar empat DPO dan sudah diumumkan ke publik, yaitu Harun Masiku DPO pada 2020. Dan tiga DPO sisa periode KPK yang lalu yaitu Surya Darmadi DPO pada 2019, Izil Azhar DPO pada 2018, dan Kirana Kotama DPO pada 2017," tegasnya.

Meski ada buronan peninggalan KPK era sebelumnya, lembaga antirasuah pimpinan Firli Bahuri memastikan akan tetap mencari para DPO.

"Kami pastikan tetap dicari, baik yang ditetapkan sejak tahun 2017 maupun 2020," pungkas Ali.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA