Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berhalangan, Yusril Ihza Mahendra Diwakili Puluhan Kader PBB ke KPK Siang Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 02 Juni 2022, 07:56 WIB
Berhalangan, Yusril Ihza Mahendra Diwakili Puluhan Kader PBB ke KPK Siang Ini
Ketua Umum Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra/Net
rmol news logo Partai Bulan Bintang (PBB) akan menerima pembekalan dan pendidikan Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada siang ini, Kamis (2/6). Partai yang dipimpin oleh Yusril Ihza Mahendra itu akan diberikan pembekalan tentang penguatan integritas partai politik (parpol).

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati mengatakan, setelah pembekalan antikorupsi bagi para pengurus Partai Amanat Nasional (PAN), KPK kembali menyelenggarakan kegiatan yang sama untuk para pengurus PBB, baik di pusat maupun daerah.

"Kegiatan berlangsung di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Kamis, 2 Juni 2022 pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB," ujar Ipi kepada wartawan, Kamis pagi (2/6).

PBB kata Ipi, akan diberikan pembekalan antikorupsi langsung oleh Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar. Sedangkan dari PBB sendiri, akan hadir secara langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Afriansyah Noor beserta pengurus DPP PBB. Sedangkan pengurus DPD/DPW dan DPC akan mengikuti kegiatan pembekalan secara online.

"Materi yang akan diberikan untuk pengurus PBB antara lain tentang tindak pidana korupsi dan penguatan integritas partai politik, serta Sistem Integritas Partai Politik (SIPP). Selain itu juga akan ada sesi dialog membahas pembelajaran mandiri antikorupsi sektor politik secara elektronik dan rencana aksi sebagai tindak lanjut," pungkas Ipi.

Sementara itu, Sekjen PBB, Afriansyah mengatakan, sebanyak sekitar 50 orang pengurus DPP PBB akan hadir langsung di acara PCB Terpadu 2022 yang akan diselenggarakan di Gedung ACLC KPK, Kuningan, Jakarta Selatan pada hari ini.

"Iya dari DPP, akan hadir Sekjen dan Ketua-ketua serta Wakil Sekjen dan Ketua-ketua Badan Otonomi dan Badan Khusus sebagai sayap PBB," ujar Afriansyah kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu sore (1/6).

Selain sekitar 50 orang yang hadir secara langsung kata Afriansyah, kegiatan PCB KPK juga akan diikuti oleh sekitar 60 kader PKB secara online.

Namun demikian, untuk acara hari ini, Ketua Umum (Ketum) PBB, Yusril Ihza Mahendra belum bisa hadir. Afriansyah tidak membeberkan alasan Yusril tidak bisa hadir di acara KPK tersebut.

"Ketum belum bisa hadir," kata Afriansyah.

Akan tetapi bagi PBB kata Afriansyah, acara PCB yang dicetuskan oleh KPK sangat positif untuk kader-kader PBB. Apalagi, acara tersebut khusus pembekalan pencegahan korupsi.

"Kan parpol sebagai lembaga yang memproduk calon-calon pemimpin di eksekutif maupun legislatif," pungkasnya.

PBB merupakan partai politik (parpol) ketiga yang dijadwalkan oleh KPK untuk mendapatkan pembekalan PCB.

Di mana, parpol yang pertama menerima pembekalan adalah, Partai Amanat Nasional (PAN) pada Rabu (25/5) kemarin. Dari PAN, dihadiri langsung oleh Ketum DPP PAN, Zulkifli Hasan beserta 60 pengurus DPP PAN lainnya serta diikuti oleh kader-kader di daerah melalui online.

Selanjutnya parpol kedua yang dijadwalkan oleh KPK untuk mendapatkan pembekalan adalah, Partai Beringin Karya (Berkarya) para Selasa (31/5). Akan tetapi, Berkarya meminta penundaan acara dan dijadwalkan ulang dengan alasan pengurus Berkarya sedang ada gejolak di internal partai. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA