Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Firli Bahuri: KPK, KPU, Bawaslu dan Kemendagri Komitmen Hilangkan Penyelenggara dan Peserta Pemilu Terlibat Korupsi

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 18 Mei 2022, 22:03 WIB
Firli Bahuri: KPK, KPU, Bawaslu dan Kemendagri Komitmen Hilangkan Penyelenggara dan Peserta Pemilu Terlibat Korupsi
Ketua KPK RI Firli Bahuri dalam Executive Briefing Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022 di Gedung Juang Merah Putih KPK/Ist
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bersama KPU, Bawaslu dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah berkomitmen agar pelaksanaan Pemilu 2024 tidak ada penyelenggara dan peserta pemilu terlihat kasus korupsi.

Komitmen itu disampaikan langsung oleh Firli saat konferensi pers usai acara Executive Briefing Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022 di Gedung Juang Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (18/5).

"Saya, KPU, Bawaslu dan Kementerian Dalam Negeri, punya komitmen, untuk melaksanakan pelaksanaan pemilu ke depan lebih baik. Tidak boleh ada lagi penyelenggara pemilu, peserta pemilu yang terlibat tindak pidana korupsi. Itu komitmen," ujar Firli kepada wartawan.

Sehingga kata Firli, acara PCB hari ini merupakan awal dari kegiatan-kegiatan selanjutnya yang diselenggarakan oleh KPK untuk 20 partai politik (parpol) yang telah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pilpres 2019 lalu.

Selain itu kata Firli, KPK juga akan melaksanakan kegiatan serupa untuk para Penjabat (Pj) kepala daerah. Di mana kata Firli, pada 2022 ini, terdapat 101 Pj kepala daerah, dan pada 2023 sebanyak 171 Pj kepala daerah. Sehingga total ada 272 Pj kepala daerah.

Tak hanya itu, KPK juga akan memberikan pendidikan PCB kepada KPU dan Bawaslu dengan melibatkan semua pihak atau petugas hingga ke tingkat PPS.

"Karena kalau tidak ada upaya serius, sudah berupaya saja masih ada terjadi, apalagi tidak ada upaya serius. Bawaslu juga demikian kita lakukan itu. Itu komitmen pertama," pungkas Firli.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA