Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Apel Pagi, Firli Bahuri Beberkan Penghargaan dari Kemenkeu untuk KPK

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 09 Mei 2022, 13:40 WIB
Apel Pagi, Firli Bahuri Beberkan Penghargaan dari Kemenkeu untuk KPK
Apel pagi KPK/Net
Di momen Idulfitri 1443 Hijriah tahun 2022, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri membeberkan capaian kinerja KPK dan penghargaan yang diraih dari Kementerian Keuangan.

Capaian kinerja ini disampaikan Firli saat Apel Pagi pasca libur lebaran di Gedung Juang Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin pagi (9/5).

"Mengawali kegiatan hari ini tentu lah saya ingin mengingatkan beberapa hal penting yang harus kita selesaikan di waktu yang akan datang. Sekaligus juga momentum yang baik ini akan saya pakai dan gunakan juga untuk menyampaikan beberapa penghargaan maupun apresiasi atas kinerja seluruh insan KPK," ujar Firli seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, dalam sebuah video, Senin siang (9/5).

Capaian kinerja KPK yang diraih pertama, kata Firli, adalah laporan nilai kinerja instansi Triwulan 1 tahun 2022 tepat waktu sesuai dengan Peraturan Pimpinan KPK 11/2021 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Seluruh Unit.

"Untuk itu, kami menyampaikan terima kasih," katanya.

Firli berharap, kinerja seluruh unit kerja KPK dapat ditingkatkan lebih baik di waktu yang akan datang.

"Karena sesungguhnya, kinerja KPK adalah kita semua. Kinerja institusi adalah andil besar kita semua. Karya besar kita kepada bangsa negara, karena peran besar setiap insan KPK," terang Firli.

Selanjutnya, KPK kata Firli, mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan. Di mana, KPK berada di nomor urut lima dengan kategori lembaga negara dengan pagu kecil di bawah Rp 2,5 triliun dengan nilai kinerja anggaran sebesar 95,82.

"Yang ini merupakan gabungan dari nilai EKA SMART bobot 60 persen dengan nilai 96,67 dan nilai IKPA bobot 40 pesen dengan nilai 94,55," jelas Firli.

Capaian tersebut kata Firli, merupakan capaian tertinggi dalam kategori sangat baik.

"Karena itu kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh insan KPK," tutur Firli.

Kemudian, KPK mencetak indeks reformasi birokrasi pada tahun 2021 dengan nilai 77,96 masuk dalam kategori BB yang menunjukkan bahwa KPK telah berupaya mewujudkan tatakelola pemerintahan yang lebih baik melalui pelaksanaan reformasi birokrasi.

"Hasil pengukuran dari instansi terkait menunjukkan hasil yang baik, meskipun demikian terdapat dua hasil penilaian yang harus kita lakukan perbaikan," terang Firli.

Di mana, yang harus diperbaiki, yaitu indeks ASN Profesional, dan Indeks Kualitas Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa.

"Saya sungguh tidak berlebihan menyampaikan apresiasi atas kinerja kita semua, karena ditunjukkan dengan hasil evaluasi atas tingkat akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2021 KPK memperoleh nilai tahun 2021 sebesar 83,34 atau predikat A," beber Firli.

Tak hanya itu, pada April 2022 kemarin, sebagai bagian dari pembinaan mental pegawai dan untuk meningkatkan ketakwaan pegawai KPK kepada Tuhan Yang Maha Esa selama bulan Ramadhan, Korpri KPK telah menggelar berbagai kegiatan keagamaan.

Mulai dari kajian Zuhur, peringatan Nuzulul Qur'an, bazar tebus murah untuk pegawai outsourcing dan masyarakat lingkungan KPK.

"Ini menunjukkan kepedulian kita kepada masyarakat sekitar kita agar bersama-sama turut berbahagia menyambut hari kemenangan Idulfitri 1443 Hijriah. Kita berharap, dengan semangat Idulfitri, mari kita sucikan diri kita dan kita sucikan juga, bersihkan juga Indonesia, yaitu Indonesia yang bebas dari korupsi," pungkas Firli.

ARTIKEL LAINNYA