Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

18 Mei Mendatang KPK Undang 20 Petinggi Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 06 Mei 2022, 14:36 WIB
18 Mei Mendatang KPK Undang 20 Petinggi Parpol
Ketua KPK, Firli Bahuri/RMOL
rmol news logo Agar partai politik (Parpol) tetap menjaga integritas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil petinggi 20 Parpol untuk diberikan pendidikan Politik Cerdas Berintegritas (PCB).

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan, KPK sangat berharga Parpol di Indonesia tetap menjaga integritasnya. Karena dari Parpol, lahir seorang pemimpin yang akan memimpin bangsa Indonesia.

"Iya, kita ingin Parpol tetap menjaga integritas," ujar Firli kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (6/5).

Pada acara kick off meeting PCB yang diselenggarakan di Gedung ACLC KPK, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (12/4), KPK yang dipimpin langsung oleh Firli membuka acara tersebut dengan mengundang 20 Sekretaris Jenderal (Sekjen) Parpol.

"Kegiatan ini kita lakukan karena kita melihat dan ini kita jadikan sebagai milestone menghadapi dan menjelang kegiatan tahun politik tahun 2024 yang akan datang. Kenapa kita melakukan kegiatan pendidikan politik cerdas dan berintegritas secara terpadu? Ini menjadi penting karena kita melihat bahwa korupsi merupakan tantangan kita bersama, yang haru kita tuntaskan, yang harus kita tangani, dan kita berantas secara bersama-sama," kata Firli saat membuka acara kick off tersebut.

Dalam acara kick off itu, dihadiri secara langsung maupun virtual oleh 20 Sekjen parpol.

Acara PCB nanti, akan diselenggarakan sebanyak 21 batch yang dimulai pada Rabu (18/5) dengan mengundang Ketua Umum (Ketum) partai, Sekjen, Bendahara Umum (Bendum) partai secata fisik maupun secara virtual.

Setelah acara pada Rabu (18/5) itu, nantinya setiap partai akan mendapatkan giliran mendapatkan pendidikan dari KPK masing-masing dalam satu hari tersendiri dengan para kadernya.

"Tanggal 18 Mei untuk semua Ketum parpol, setelahnya dijadwalkan per Parpol," ujar Pelaksana tugas (Plt) Jurubicara Bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati kepada Kantor Berita Politik RMOL.

Parpol yang akan diundang dalam acara PCB, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Beringin Karya (Berkarya), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat (PD), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Selanjutnya, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP Indonesia), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kemudian, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Aceh, Partai Daerah Aceh, Partai Nanggroe Aceh, dan Partai Suara Independen Rakyat Aceh.

Ke-20 Parpol tersebut merupakan parpol yang tercatat di Komisi Pemilihan Umum (KPU).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA