Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPK Pastikan Kawal Anggaran Peningkatan Kesejahteraan Nelayan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 07 April 2022, 00:02 WIB
KPK Pastikan Kawal Anggaran Peningkatan Kesejahteraan Nelayan
Ketua KPK RI Firli Bahuri/Net
rmol news logo Nelayan tradisional layak disematkan sebagai pahlawan ekonomi devisa samudera, juga pantas disebut sebagai pahlawan pertahanan dan kedaulatan NKRI.

Demikian antara lain disampaikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri lewat keterangan tertulisnya dalam rangka peringatan Hari Nelayan Nasional ke-62, Rabu (6/4).

“Peran serta andil nyata segenap insan nelayan diseluruh penjuru tanah air sebagai penopang perekonomian bangsa, benar-benar terbukti nyata adanya. Para nelayan sering singgah dan menginap di pulau-pulau terluar saat berlayar mencari ikan, menjadi agen pertahanan tegaknya kedaulatan tanah air dan kekayaan negara dari hasil laut karena menjadi informan kegiatan kapal asing yang menerobos kedaulatan, khususnya kegiatan illegal fishing di perairan NKRI,” beber Firli.

Firli memuji keteguhan dan tekad kuat para nelayan yang melaut di tengah samudera hingga perbatasan negara, hanya bermodalkan mesin usang di kapal reyot milik mereka. Bahkan, tidak sedikit yang masih menyewa kapal untuk melaut, dimana hasil tangkapan tak jarang tidak sebanding dengan untuk membeli BBM, apalagi membayar sewa kapal.

Firli megungkapkan, pemerintah sebenarnya banyak membuat kebijakan dan program kesejahteraan bagi para nelayan. Namun sayangnya tidak sedikit program kesejahteraan tersebut dijadikan peluang oleh oknum-oknum penyelenggara negara, untuk meraup keuntungan dengan cara tidak halal, yakni korupsi.

Oleh karena itu, Firli mengingatkan aparatur pemerintah termasuk pejabat yang terkait untuk jangan main-main dengan hajat hidup nelayan, khususnya pada aturan dan program kesejahteraan nelayan. KPK, tegas Firli akan mengejar dan menangkap siapapun yang berani mengusik apalagi memakan anggaran negara bagi para kesejahteraan nelayan Indonesia, dengan pasal tindak pidana korupsi yang paling berat hukumannya.

“Kami di KPK akan mengawal seluruh anggaran peningkatan kesejahteraan nelayan seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, mulai Miangas hingga Pulau Rote demi kesejahteraan dan kemakmuran pahlawan ekonomi devisa samudera, pahlawan pertahanan dan kedaulatan negara,” demikian Firli menegaskan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA