Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diperiksa KPK, Gurubesar Unair Dikuliti soal Gugatan Pembubaran PT Soyu Giri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 10 Februari 2022, 09:35 WIB
Diperiksa KPK, Gurubesar Unair Dikuliti soal Gugatan Pembubaran PT Soyu Giri
Plt Jurubicara KPK, Ali Fikri/RMOL
rmol news logo Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mendalami terkait awal mula diajukannya permohonan gugatan pembubaran PT Soyu Giri Primedika (SGP) di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Hal itu merupakan materi yang didalami penyidik saat memeriksa saksi-saksi kasus dugaan suap pengurusan perkara di PN Surabaya untuk tersangka Hakim Itong Isnaini Hidayat di kantor Ditreskrimsus Polda Jatim pada Rabu (9/2).

Saksi-saksi yang telah diperiksa yaitu, Gurubesar Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), Prof Yudi Her Oktaviono, Mohammad Sofyanto dan Achmad Prihantoyo dari pihak swasta.

"Para saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan pengetahuan saksi tentang awal mula diajukannya permohonan gugatan pembubaran PT SGP di PN Surabaya," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Kamis pagi (10/2).

Hakim Itong bersama dengan dua orang lainnya resmi ditetapkan sebagai tersangka setelah terjaring tangkap tangan pada Rabu (19/1).

Kedua orang lainnya yang ditetapkan sebagai tersangka yaitu, Hamdan (HD) selaku Panitera Pengganti pada PN Surabaya; dan Hendro Kasiono (HK) selaku pengacara dan kuasa dari PT Soyu Giri Primedika (SGP).

Dalam tangkap tangan itu, KPK mengamankan Rp 140 juta yang merupakan uang tanda jadi awal bahwa Hakim Itong nantinya akan memenuhi keinginan Hendro terkait permohonan pembubaran PT SGP.

Dalam perkaranya, Hakim Itong merupakan Hakim tunggal dalam menyidangkan salah satu perkara permohonan terkait pembubaran PT SGP.

Diduga ada kesepakatan antara tersangka Hendro dengan pihak perwakilan PT SGP untuk menyiapkan sejumlah uang yang akan diberikan kepada Hakim yang menangani perkara tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA