Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tiga dari Empat Orang yang Terjaring OTT di PPU Kaltim Tiba di Gedung Merah Putih KPK

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 13 Januari 2022, 13:40 WIB
Tiga dari Empat Orang yang Terjaring OTT di PPU Kaltim Tiba di Gedung Merah Putih KPK
Tiga orang yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) tiba di Jakarta/RMOL
Sebanyak tiga orang yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) tiba di Jakarta, Kamis siang (13/1).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, tiga orang yang ditangkap di Kaltim telah tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan sekitar pukul 12.57 WIB.

Ketiga orang tersebut langsung digiring petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke ruang pemeriksaan untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Ketiga yang digiring itu yakni, pria yang menggunakan jaket warna cokelat dan topi warna hitam, pria yang mengenakan baju warna oranye dengan mengenakan rompi warna hitam, dan seorang pria mengenakan kemeja warna putih.

Ketiga orang tersebut merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU dan pihak swasta.

Sementara itu, satu orang lainnya yang juga terjaring OTT di PPU Kaltim belum tiba di Gedung Merah Putih KPK.

Sedangkan tujuh orang lainnya yakni Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud, ASN Pemkab PPU, dan pihak swasta lainnya telah berada di Gedung Merah Putih KPK sejak terjaring OTT pada Rabu sore (12/1).

Kesebelas orang yang diamankan ini selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. KPK juga akan segera melakukan ekspos atau gelar perkara untuk menentukan siapa saja yang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi berupa pemberian atau penerimaan hadiah atau janji kepada penyelenggara negara.

Dalam OTT ini, KPK juga mengamankan barang bukti berupa uang dalam bentuk mata uang rupiah. Namun, barang bukti uang tersebut hingga saat ini masih dilakukan penghitungan.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan pihak-pihak yang diamankan dalam OTT ditetapkan sebagai tersangka atau tidak.

ARTIKEL LAINNYA