Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Satyo Purwanto Ulas Pengangakatan Novel Cs Oleh Kapolri

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 13 Desember 2021, 22:59 WIB
Satyo Purwanto Ulas Pengangakatan Novel Cs Oleh Kapolri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai upacara pengangkatan khusus Novel Baswedan dan 43 mantan pegawai KPK di Rupatama Mabes Polri/Ist
Terjadi perdebatan publik terkait diangkatnya 44 mantan pegawai KPK menjadi ASN di institusi Polri. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam hal ini dianggap melanggar Undang-undang lantaran hanya memakai Perpol 15/2021 sebagai landasannya dan mengangkangi UU 5/2014 Tentang ASN.

Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto berpendapat soal pengangkatan 44 Novel Baswedan Cs, tidak ada yang dilanggar oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pengangkatan itu, sah secara hukum.

“Tidak ada aturan yang dilanggar oleh Kapolri,” kata Satyo kepada wartawan di Jakarta, Senin (13/12).

Adapun dasar pengangkatan itu, Satyo mengulas menggunakan Peraturan Pemerintah (PP) tentang perubahan atas PP No 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yaitu Pasal 3 Ayat 1 UU 11/2017.

“Selain itu Presiden dapat mendelegasikan hal itu kepada institusi lain sesuai dengan ketentuan Pasal 13 ayat 5 UU No 30/2014. Dalam prosesnya dibalik dan logisnya 44 mantan pegawai KPK tersebut harus taat menjalankan UU No 5/2014 Tentang ASN, sehingga kesimpulannya adalah tidak ada aturan yang dilanggar dalam proses perekrutan mereka menjadi ASN dilingkungan Polri,” pungkas Satyo.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA