Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ternyata, Azis Syamsuddin Dipanggil "Bapak Asuh" oleh Stepanus Robin Pattuju

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 13 Desember 2021, 16:10 WIB
Ternyata, Azis Syamsuddin Dipanggil
Bekas Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, di ruang sidang/RMOL
Mantan Wakil Ketua DPR RI, Muhammad Azis Syamsuddin, ternyata punya panggilan khusus dari mantan penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju. Azis dipanggil Robin sebagai "Bapak Asuh".
 
Hal itu terungkap di persidangan dengan agenda pembuktian keterangan saksi dari tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin siang (13/12).

Panggilan khusus ini didalami penyidik terhadap saksi Agus Susanto terkait adanya pengambilan uang oleh Stepanus Robin Pattuju selaku mantan penyidik KPK ke rumah dinas Azis di Jakarta Selatan pada 5 Agustus 2020 dan 20 Februari 2021.

Saksi Agus Susanto yang merupakan mantan anggota Polri ini diperintahkan oleh Robin untuk mengantar ke rumah dinas Azis.

Awalnya, Agus mengaku tidak mengetahui rumah yang didatangi tersebut merupakan rumah dinas Azis. Hal itu baru ia ketahui setelah lebih dari lima kali ke tempat tersebut mengantarkan Robin.

"Ketika saudara menunggu saudara Robin, Robin bawa tas ya, ketika bawa tas, dan kemudian keluar itu bawa berapa tas?" tanya Jaksa dan dijawab satu tas oleh Agus.

Sedangkan paper bag yang berisi uang asing, kata Agus, disimpan di kantung dalam jaket Robin.

Jaksa lantas mendalami terkait asal usul paper bag tersebut. Menurut Agus, Robin tidak membawa paper bag saat masuk ke rumah dinas Azis. Akan tetapi, mengeluarkan paper bag di dalam mobil setelah keluar dari rumah dinas Azis.

"Saudara melihat siapa yang memberikan paper bag itu kepada Robin?," tanya Jaksa

"Tidak lihat pak," jawab Agus.

"Apakah Robin cerita paper bag dari siapa?," tanya Jaksa menegaskan.

"Saat itu bicara cuma dapat dari rumah itu pak," jawab Azis.

Tak puas dengar jawaban saksi Agus, Jaksa kembali menegaskan terkait pernyataan Agus Susanto tersebut.

"Dari siapa?" tegas Jaksa, dan Agus menjawab "Bapak Asuh", menirukan ucapan Robin kepada dirinya.

Mendengar jawaban Agus, Jaksa kembali mendalami terkait sosok "Bapak Asuh" tersebut yang disampaikan oleh Robin kepada Agus. Karena, Agus awalnya tidak mengetahui sosok yang dimaksud tersebut.

"Itu yang disampaikan Pak Robin pak. (Sekarang) Sudah tahu pak, (Bapak Asuh adalah) Pak Azis," pungkas Agus.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA