Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Orang Kepercayaan Zumi Zola, Apif Firmansyah Masih Ditahan KPK hingga Tahun Baru 2022

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 24 November 2021, 13:04 WIB
Orang Kepercayaan Zumi Zola, Apif Firmansyah Masih Ditahan KPK hingga Tahun Baru 2022
Plt. Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri/Net
rmol news logo Masih butuh waktu untuk melengkapi berkas perkara, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang masa penahanan untuk tersangka Apif Firmansyah (AF) dalam perkara suap dan gratifikasi terkait pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan, tim penyidik memperpanjang masa penahanan untuk Apif untuk 40 hari ke depan terhitung sejak hari ini, Rabu (24/11) hingga Minggu 2 Januari 2022 di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih.

"Perpanjangan penahanan ini dilakukan untuk terus melengkapi berkas perkara tersangka AF. Penyidik masih mengagendakan pemanggilan saksi-saksi terkait lainnya," ujar Ali kepada wartawan, Rabu siang (24/11).

Apif Firmansyah merupakan orang kepercayaan mantan Gubernur Jambi Zumi Zola yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi sejak Juni 2021 dan mulai resmi ditahan pada Kamis (4/11).

Apif disebut berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 46 miliar dari fee proyek yang dipungut dari perusahaan yang mendapatkan berbagai proyek di Provinsi Jambi.

Perkara ini adalah perkara pengembangan, di mana sebelumnya KPK juga telah menetapkan beberapa pihak sebagai tersangka, di antaranya Zumi Zola dkk. Perkaranya telah diputus oleh Pengadilan Tipikor dan berkekuatan hukum tetap.

Apif merupakan orang kepercayaan dan representasi dari Zumi Zola. Ketika Zumi Zola maju menjadi calon Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi tahun 2010, Apif selalu ikut mendampingi Zumi Zola melakukan kampanye.

Saat Zumi Zola terpilih menjadi Bupati Tanjung Jabung Timur, Apif semakin dipercaya untuk terus mendampingi, membantu dan mengurus berbagai kegiatan dinas sampai dengan keperluan pribadi Zumi Zola.

Hal tersebut berlanjut hingga Zumi Zola terpilih menjadi Gubernur Jambi periode 2016-2021.

Apif kembali dipercaya untuk mengurus keperluan Zumi Zola. Ia diberi kepercayaan mengelola kebutuhan dana operasional dengan meminta sejumlah fee proyek dari para kontraktor yang mengerjakan berbagai proyek di Provinsi Jambi.

Kemudian sejumlah uang yang terkumpul tersebut diberikan kepada Zumi Zola dan keluarganya termasuk untuk keperluan pribadi Apif.

Adapun total yang telah dikumpulkan oleh Apif sekitar sejumlah Rp 46 miliar. Dari total uang tersebut, sebagaimana perintah Zumi Zola, sebagian diberikan kepada anggota DPRD Provinsi Jambi terkait uang ketok palu pembahasan RAPBD TA 2017.

Apif juga diduga menerima dan menikmati uang sejumlah sekitar Rp 6 miliar untuk keperluan pribadinya dan yang bersangkutan saat ini sudah melakukan pengembalian sejumlah Rp 400 juta ke KPK.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA