Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Azis Syamsuddin Diperiksa Perdana sebagai Tersangka

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 11 Oktober 2021, 10:34 WIB
Azis Syamsuddin Diperiksa Perdana sebagai Tersangka
Mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin saat digelandang ke Gedung Merah Putih KPK usai ditangkap/RMOL
Mantan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan tersangka dan ditahan dalam perkara dugaan pemberian suap kepada mantan penyidik KPK untuk menangani perkara yang tengah diselidiki KPK di Lampung Tengah.

"Benar, hari ini diagendakan pemeriksaan tersangka AZ di Gedung Merah Putih KPK," ujar Plt Jurubicara KPK, Ali Fikri kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin pagi (11/10).

Akan tetapi, Ali belum bisa membeberkan materi yang akan didalami penyidik kepada Azis. Nantinya, hasil pemeriksaan akan disampaikan kepada publik.

"Perkembangannya nanti disampaikan lebih lanjut," pungkas Ali.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri memastikan akan mendalami dan menelusuri terkait "orang dalam" Azis Syamsuddin yang ada di KPK selain Stepanus Robin Pattuju yang telah diproses hukum.

Hal itu dipastikan langsung Firli menanggapi pernyataan salah satu saksi di persidangan yang menyebut bahwa Azis Syamsuddin saat menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI mempunyai delapan orang dalam di KPK yang bisa mengurusi suatu perkara di KPK.

"KPK selalu mengikuti perkembangan penanganan perkara termasuk juga informasi yang ada dipersidangan," ujar Firli kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat siang (8/10).

Penyidik akan mendalami pengakuan saksi di persidangan tersebut dengan memintai keterangan M. Syahrial selaku mantan Walikota Tanjungbalai, Sekda Kota Tanjungbalai Yusmada yang juga merupakan saksi yang mengungkapkannya dan juga Azis Syamsuddin.

"Penyidik akan dalami dari keterangan saksi dan minta keterangan Walikota Tanjungbalai, Sekda Kota Tanjungbalai balai dan AS (Azis Syamsuddin)," jelas Firli.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA