Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Nyusul Joko Santoso, Adi Wahyono Juga Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 29 September 2021, 16:38 WIB
Nyusul Joko Santoso, Adi Wahyono Juga Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin
Bekas kuasa pengguna anggaran (KPA) pengadaan bansos sembako Covid-19 Kemensos, Adi Wahyono/Net
Anak buah Juliari Batubara, Adi Wahyono dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IA Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dalam perkara suap bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19 di Kementerian Sosial (Kemensos) tahun 2020.

Hal itu sebagai tindak lanjut putusan Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat Nomor: 31/Pid.Sus-Tpk/2021/PN.Jkt. Pst tanggal 1 September 2021 yang telah berkekuatan hukum tetap.

"Adi Wahyono dimasukkan ke LP Klas IA Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama 7 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan," ujar Plt Jurubicra KPK, Ali kepada wartawan, Rabu sore (29/9).

Adi Wahyono selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) pengadaan bansos sembako Covid-19 juga diwajibkan membayar pidana denda sebesar Rp 350 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama enam bulan.

Sebelumnya, Juliari sudah dijebloskan ke Lapas Klas I Tangerang untuk menjalani pidana penjara selama 12 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan pada Rabu (22/9).

Selain itu, Juliari juga divonis pidana tambahan lainnya berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama empat tahun setelah selesai menjalani pidana pokok.

Sementara untuk anak buah Juliari lainnya, yaitu Matheus Joko Santoso selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) pengadaan bansos sembako Covid-19 juga telah dijebloskan ke Lapas Klas IA Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama sembilan tahun pada Rabu (15/9).

Joko juga diwajibkan membayar pidana denda sebesar Rp 450 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA