Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Dikabarkan Jadi Tersangka KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 09 Agustus 2021, 10:03 WIB
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Dikabarkan Jadi Tersangka KPK
Bupati Banjarnegara,Budhi Sarwono (tengah) pose tiduran di tengah jalan di Desa Petir Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Jawa Tengah/RMOLJateng
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini sedang melakukan penyidikan kasus pemborongan, pengadaan atau persewaan pada Dinas PUPR Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara tahun 2017-2018 serta penerimaan gratifikasi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kabar itu disampaikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri. Sejauh ini, belum dibeberkan kronologi kasus dan pihak-pihak yang dijadikan sebagai tersangka.

"KPK belum dapat mengumumkannya dan akan dilakukan saat penangkapan dan atau penahanan terhadap tersangka," ujar Ali kepada wartawan, Senin pagi (9/8).

Berdasarkan sumber Kantor Berita Politik RMOL, salah satu pihak yang diduga telah dijadikan tersangka adalah Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono.

Budhi yang merupakan Bupati Banjarnegara petahana ini diduga mengintervensi serta mendapat gratifikasi dalam proyek tersebut.

Budhi sendiri dikenal sebagai Bupati yang kontroversial karena gaya dan sikapnya yang selalu bertolak belakang dengan pemerintah pusat. Beberapa bulan lalu, Budhi menjadi perhatian publik karena pernyataan jika warganya boleh menggelar kegiatan yang mengumpulkan massa.

Menurut Budhi, kegiatan masyarakat harus tetap berjalan meski di tengah kondisi pandemi Covid-19. Namun demikian, harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pernyataan tersebut keluar menanggapi video viral aksi oknum aparat keamanan yang dianggap represif saat membubarkan acara kuda lumping. Budhi menyebut tindakan oknum aparat itu yang justru menciptakan resistensi di masyarakat.

"Saya berpesan kepada masyarakat, Pak Bupati bertanggung jawab sepenuhnya untuk kegiatan pengajian, olahraga, kesenian, monggo jalan terus. Tapi jangan lupa, protokol kesehatan harus dilaksanakan, jangan sampai tidak," kata Budhi, Jumat (18/6).

Pernyataan Budi yang menjadi sorotan masyarakat ternyata juga sering dilakukan pada sebelumnya.

Berdasarkan penelusuran, Budhi lahir pada 27 November 1962 dengan nama Kho Wing Chin atau Wing Tjien. Sebelum menjadi Bupati, Budhi tercatat pernah menjabat Ketua Asosiasi Kabupaten PSSI Banjarnegara.

Budhi juga tercatat sebagai Ketua Umum Asosiasi Aspal Beton Indonesia Jateng, sekaligus pemilik PT Bumirejo Banjarnegara yang bergerak dalam bidang konstruksi. Budhi Sarwono juga pernah menjadi Dewan Penasihat Gapensi Banjarnegara dan Ketua DPP PITI Indonesia.

Saat Pilkada Banjarnegara 2017, Budhi dan Syamsudin maju diusung oleh PPP, Partai Demokrat, dan Partai Golkar. Paslon ini meraih suara 54,69 persen saat Pilkada serentak 2017. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA