Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Jadikan Pandemi Hambatan, KPK Pastikan Pemberantasan Korupsi Tetap Berjalan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 30 Juli 2021, 20:45 WIB
Tak Jadikan Pandemi Hambatan, KPK Pastikan Pemberantasan Korupsi Tetap Berjalan
Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri/RMOL
rmol news logo Tugas pemberantasan korupsi yang diemban Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tetap berjalan, meskipun di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak hampir kepada seluruh aktifitas masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri tidak memungkiri bahwa upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK juga terdampak seperti aktifitas masyarakat lainnya di tengah kondisi pandemi Covid-19.

"Trisula strategi pemberantasan korupsi melalui upaya pencegahan, penindakan, dan pendidikan antikorupsi butuh berbagai penyesuaian teknis pelaksanaannya," ujar Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (30/7).

Melihat kasus positif Covid-19 yang masih relatif tinggi hampir di seluruh wilayah Indonesia, Ali juga mengatakan bahwa sejumlah pegawai KPK ada yang terpapar, sehingga mengharuskan adanya penyesuaian kondisi.

Selain kondisi internal, KPK juga mempertimbangkan kondisi eksternal. Karena kata Ali, upaya pemberantasan korupsi tentunya juga melibatkan pihak-pihak eksternal lembaga antirasuah.

"KPK meminimalisasi mobilitas pegawai turun langsung ke lapangan. Sehingga program kegiatan sebagian besar telah beralih ke daring. Meski dalam beberapa hal tetap butuh dilakukan temu fisik, sehingga pelaksanaannya pun tak jarang terkendala," jelas Ali.

Pada proses penyelidikan, penyidikan dan penuntutan suatu perkara, Ali menyebutkan beberapa hal yang tetap dilakukan tim KPK dengan cara turun langsung ke lapangan. Misalnya, untuk menghimpun keterangan dan alat bukti.

"Dalam situasi pandemi dan keterbatasan personel KPK ini, kami memastikan pemberantasan korupsi tetap berjalan," tegas Ali.

Selain itu, Ali turut memastikan kerja KPK dalam rangkaian sidang dakwaan, tuntutan, dan vonis yang sebagian telah beralih melalui daring.

"Kami juga tetap melakukan upaya-upaya penyelidikan dan penyidikan melalui case building guna mengungkap terangnya suatu perkara. Pada waktunya, KPK akan sampaikan setiap perkembangannya kepada masyarakat," pungkas Ali. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA