Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Hari Ini, Daning Saraswati Dan Operator Ihsan Yunus Bersaksi Di Sidang Bansos

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 02 Juni 2021, 08:58 WIB
Hari Ini, Daning Saraswati Dan Operator Ihsan Yunus Bersaksi Di Sidang Bansos
Saksi kasus bansos Daning Saraswat/RMOL
Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan kembali memanggil saksi-saksi di sidang perkara dugaan suap bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19 di Kementerian Sosial (Kemensos) pada hari ini, Rabu (2/6).

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan, Tim JPU KPK akan menghadirkan tujuh orang saksi untuk terdakwa Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso yang merupakan pejabat pembuat komitmen (PPK) pengadaan bansos sembako Covid-19 di Kemensos.

"Saksi untuk Adi dan Joko hari Rabu 2 Juni 2021 ada 7 orang," ujar Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (2/6).

Ketujuh saksi itu adalah Daning Saraswati selaku Komisaris PT Rajawali Parama Indonesia (RPI). Daning sebelumnya sempat hadir di ruang sidang. Akan tetapi Daning meminta izin tidak bisa memberikan keterangan karena akan dilakukan operasi karena sakit.

Sosok Daning menjadi sorotan karena sempat terungkap di persidangan bahwa Daning merupakan istri muda dari terdakwa Joko yang merupakan mantan anak buah Juliari Peter Batubara saat menjabat sebagai Menteri Sosial.

Selanjutnya adalah Agustri Yogasmara alias Yogas yang merupakan sosok pemilik kuota 400 ribu paket sembako setiap tahapnya dan menjadi koordinator empat perusahaan. Yogas disebut sebagai operator Ihsan Yunus yang merupakan mantan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Fraksi PDIP.

Kemudian, saksi Nuzulia Hamzah Nasution. Nuzulia sendiri merupakan keponakan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan Jaminan Sosial (LinJamsos) Kemensos, Pepen Nazaruddin yang juga mendapatkan aliran uang pengadaan bansos ini.

Lalu, saksi Handhy Rezangka selaku konsultan; saksi Dino Aprilianto, Raka Iman Topan, dan saksi Riski Riswandi yang belum diketahui identitasnya.

ARTIKEL LAINNYA