Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepala BPKP: Kita Jaga Kepercayaan Presiden Kawal Program Strategis Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 01 Juni 2021, 05:15 WIB
Kepala BPKP: Kita Jaga Kepercayaan Presiden Kawal Program Strategis Pemerintah
Ketua Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh/Net
rmol news logo Program Strategis pemerintah bakal dikawal Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), mengingat Presiden Joko Widodo mengamanatkan lembaga ini untuk mengawasi pada tahap pelaksanaannya berjalan baik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh mengatakan hal tersebut saat memberikan kata sambutan dalam acara HUT BPKP ke-38 dihadapan seluruh Kedeputian, Kepala Perwakilan, pegawai dan pimpinan Purnabhakti BPKP, Senin (31/5).

Ateh menyatakan, amanat Jokowi penting terkait hal tersebut adalah kepercayaan yang harus dijaga.

Dia menuturkan, di tahun 2021 BPKP telah merumuskan Agenda Prioritas Pengawasan (APP) dan Agenda Prioritas Pengawasan Daerah (APPD). Hal tersebut juga menjadi jawaban dari arahan Presiden Joko Widodo dalam pembukan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Tahun 2021 beberapa waktu lalu, yang meminta BPKP mengawal sejak awal sampai dengan akhir program pemerintah.

"Kita (BPKP) lebih proaktif, mengawal sejak dari perencanaan hingga pertanggungjawaban. Sehingga, arah pengawasan yang dilakukan BPKP terhadap program pemerintah dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Ateh dikutip melalui siaran pers yang diterima Selasa (1/6).

Selama satu tahun ke belakang, Ateh mengatakan bahwa BPKP berhasil menyelamatkan keuangan negara mencapai lebih dari Rp70 triliun. Kepercayaan stakeholders kata dia, juga semakin meningkat yang ditunjukkan dari digunakannya hasil pengawasan BPKP dalam pelbagai pengambilan keputusan penting pemerintah.

Di antaranya perbaikan kebijakan PBJ dimasa darurat Covid-19, penetapan standar biaya swab test, PCR, dan vaksinasi gotong royong, serta percepatan penyelesaian tunggakan biaya layanan kesehatan terkait Covid-19, serta pengintegrasian data penerima bantuan sosial dan data penerima bantuan UMKM.

Oleh karena itu, dirinya menekankan kepada seluruh pegawai BPKP untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan Presiden Joko Widodo agar dapat bersunguh-bersungguh mengawal program pemerintah agar tepat sasaran dan bermanfaat kepada masyarakat.

“Kepercayaan dan ekspektasi yang tinggi dari Presiden beserta dengan jajaran menteri tersebut tentunya harus terus kita jaga dan tingkatkan. Oleh karena itu dibutuhkan komitmen dan tanggungjawab seluruh pegawai untuk mensukseskan apa yang telah diagendakan,” demikian Yusuf Ateh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA