Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Persidangan, Tim Teknis Penyalur Bansos Kemensos Sebut Bansos Sudah Tepat Sasaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 28 April 2021, 22:56 WIB
Di Persidangan, Tim Teknis Penyalur Bansos Kemensos Sebut Bansos Sudah Tepat Sasaran
Terdakwa kasus Bansos Covid-19, mantan Menteri Sosial RI Juliari Peter Batubara/Ist
rmol news logo Penyaluran bantuan sosial berupa sembako (Bansos) Covid-19 tahun 2020 diklaim telah disalurkan tepat sasaran disertai dengan kualitas baik.

Hal tersebut disampaikan Tim Teknis Penyaluran Bansos Sembako Kementerian Sosial, Rosehan Ansyari saat memberikan keterangan dalam sidang kasus dugaan korupsi dengan terdakwa Eks Mensos, Jualiri Peter Batubara di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (28/4).

"Kalau tidak tepat sasaran, tidak (ada) Pak," ujar Rosehan saat menjawab pertanyaan Kuasa Hukum Juliari di persidangan.

Bahkan untuk memastikan kualitas bansos yang disalurkan, saat itu Kemensos telah membuka ruang pengaduan jika masyarakat mendapatkan paket bansos berkualitas jelek. Keluarga penerima manfaat (KPM), tutur dia, bisa langsung mengadu jika ada keluhan soal kualitas paket bansos.

"Bisa Pak, bisa menelepon call center bansos sembako yang ada di Kemensos. Kalau kualitas barang jelek dan sebagainya, ada beberapa laporan. (Namun) dilakukan penggantian saat itu juga," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga mengaku telah menyosialisasikan paket sembako dengan baik, termasuk adanya mekanisme pengaduan tersebut.

"Betul Pak (adanya sosialisasi)," singkatnya.

Disinggung soal pengumpulan uang atau pungutan fee pengadaan bansos sembako dari para vendor oleh pejabat pembuat komitmen (PPK) Kemensos Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono, Rosehan mengaku tidak tahu.

Oleh karenanya, ia meminta agar BAP Nomor 12 yang menyatakan dirinya mengetahui adanya penerimaan uang oleh Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono.

"Tidak Pak (tidak tahu pengumpulan dana). Saya cabut (BAP)," tutup Rosehan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA