Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Total Ada 109 Perusahaan Yang Jadi Penyedia Bansos Sembako

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 28 April 2021, 12:36 WIB
Total Ada 109 Perusahaan Yang Jadi Penyedia Bansos Sembako
Sidang terdakwa Juliari Peter Batubara di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu siang (28/4)/RMOL
rmol news logo Ratusan perusahaan menjadi penyedia bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek 2020 di Kementerian Sosial (Kemensos).

Begitu kata Rizki Maulana selaku Kasubag Kepegawaian pada Sekretariat Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (LinJamsos) yang juga sebagai tim teknis bansos saat perkara terjadi.

Pernyataan Rizki disampaikan saat menjadi saksi untuk terdakwa Juliari Peter Batubara di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu siang (28/4).

Saksi Rizki mengaku mendapatkan tugas dari Sekretaris Ditjen Linjamsos, M. O Royani untuk mengurusi dokumen terkait pengadaan bansos meskipun tidak sesuai dengan tugas pokoknya sebagai Kasubag Kepegawaian.

Rizki juga mengaku tidak mendapatkan surat keputusan (SK) atas tugas tersebut.

"Pada saat itu tidak (ada SK), (hanya) secara lisan. Pada saat itu ada Robin Saputra, Firmansyah, dan Pak Iskandar," ujar Rizki di ruang persidangan.

Dalam tugas ini kata Rizki, ia diperintahkan atau mendapatkan tugas-tugas langsung dari pejabat pembuat komitmen (PPK) dalam pengadaan ini, yaitu Matheus Joko Santoso.

Tugas yang dimaksud adalah berkaitan dengan dokumen-dokumen, seperti SPPBJ, surat pesanan, pembuatan SPK, dokumen legalitas perusahaan dan lain-lain.

"Jadi direkap data kami 109 itu penyedia yang terdaftar dari tahap 1 sampai dengan 12, komunitas 1 dan komunitas 2. Jumlah perusahaan itu ada 109," kata Rizki.

Hakim Ketua pun menegaskan kepada saksi Rizki terkait 109 perusahaan semuanya menjadi penyedia. Rizki pun mengamininya.

"Semua menjadi penyedia," kata Rizki menjawab pertanyaan Hakim Ketua.

Akan tetapi, saat ditanya oleh Hakim Ketua soal nama-nama perusahaan maupun direkturnya, Rizki mengaku tidak mengingat.

"Tidak (ingat) pak. Tidak hafal pak," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA