Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jumhur Hidayat Jalani Sidang Pemeriksaan Saksi JPU

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 08 April 2021, 10:32 WIB
Jumhur Hidayat Jalani Sidang Pemeriksaan Saksi JPU
Aktivis menyaksikan langsung sidang lanjutan Jumhur Hidayat di PN Jakarta Selatan/Ist
Jumhur Hidayat kembali menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam kasus penyebaran berita bohong alias hoax. Adapun agenda sidang ialah pemeriksaan saksi dari pihak JPU.

"Agenda sidang pemeriksaan ahli dari Jaksa. Kemungkinan ahli bahasa. Untuk Pak Jumhur hadir kembali," ungkap kuasa hukum Jumhur, Oky Wiratama kepada wartawan di Jakarta, Kamis (8/4).

Sebelumnya, setelah beberapa kali sidang melalui online, Jumhur Hidayat akhirnya bisa hadiri langsung sidang perkaranya. Pada Senin (5/4) yang lalu, dengan agenda pemeriksaan saksi dari JPU, Jumhur menyinggung laptop milik anaknya yang disita sebagai barang bukti oleh pihak kepolisian.

Jumhur didakwa dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong atau hosx yang menimbulkan keonaran melalui cuitannya di Twitter soal UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Lewat cuitanya itu, Jumhur juga dianggap membuat masyarakat menjadi berpolemik. Hal tersebut berimbas kepada aksi unjuk rasa pada 8 Oktober 2020 di Jakarta dan berakhir ricuh.

Dalam dakwaan itu, Jumhur dijerat dengan dua pasal alternatif. Pertama, dia dijerat Pasal 14 ayat (1) jo Pasal 15 UU RI 1/1946 KUHP atau Pasal 45A ayat (2) jo pasal 28 ayat (2) UU RI 19/2016 tentang perubahan dari UU RI 11/2008 tentang ITE.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA