Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setahun Lebih Harun Masiku Buron, KPK Masih Terus Mencari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 07 April 2021, 11:37 WIB
Setahun Lebih Harun Masiku Buron, KPK Masih Terus Mencari
Pelaksana Tugas (Plt) Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri/Net
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan masih terus mencari keberadaan buronan Harun Masiku.

"KPK masih tetap mencari keberadaan yang bersangkutan (Harun Masiku) karena DPO tentu masih menjadi tanggungjawab KPK untuk menyelesaikannya," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (7/4).

KPK pun meminta kepada masyarakat yang mengetahui keberadaan Harun Masiku, yang merupakan eks caleg PDIP dalam perkara dugaan suap terkait pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI, untuk melaporkan kepada aparat Kepolisian terdekat atau langsung menghubungi KPK.

"Atau langsung hubungi call center KPK di nomor 198. Kami memastikan setiap informasi yang kami terima terkait keberadaan yang bersangkutan (Harun Masiku) langsung segera ditindaklanjuti," pungkas Ali.

Harun Masiku telah ditetapkan sebagai tersangka sejak 9 Januari 2020 bersama dengan tiga orang lainnya. Yaitu Wahyu Setiawan, Agustiani Tio Fridelina, dan Saeful Bahri.

Ketiga orang itu telah dinyatakan bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Selain Harun Masiku yang masih buron, KPK telah menangkap Samin Tan yang merupakan buronan dalam perkara pengembangan kasus pembangunan PLTU Riau 1.

Samin Tan berhasil ditangkap pada Senin (5/4) saat sedang meminum kopi bersama anak buahnya di sebuah kafe di wilayah MH Thamrin, Jakarta.

Samin Tan telah ditetapkan sebagai DPO sejak April 2020. Artinya Samin Tan jadi buronan KPK selama setahun.

Penangkapan Samin Tan itu mengurangi jumlah DPO yang belum ditangkap KPK.

Saat ini, tinggal empat orang yang masih menjadi DPO. Yaitu Harun Masiku, Izil Azhar, Kirana Kotama, dan Surya Darmadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA