Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPK Kini Buru Pihak Yang Diduga Ikut Bantu Pelarian Samin Tan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 06 April 2021, 19:48 WIB
KPK Kini Buru Pihak Yang Diduga Ikut Bantu Pelarian Samin Tan
Bos PT Borneo Lumbung Energi dan Metal (BLEM), Samin Tan/RMOL
rmol news logo Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami pihak-pihak yang diduga terlibat dalam pelarian bos PT Borneo Lumbung Energi dan Metal (BLEM), Samin Tan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Berkaitan pelarian yang bersangkutan, apakah ada pihak-pihak yang membantu, berarti dia menghalang-halangi penyidikan," ujar Deputi Bidang Penindakan KPK, Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (6/4).

Selain itu, penyidik juga akan mendalami alasan Samin Tan lari hingga menjadi buronan KPK.

"Tentunya nanti kita kembangkan kenapa sampai dia lari dan bagaimana dia larinya. Karena seperti kasus Nurhadi, kan ada pihak yang telah ditetapkan dengan Pasal 21," pungkas Karyoto.

Samin Tan merupakan tersangka perkara dugaan suap dalam pengembangan perkara terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau 1. Ia ditangkap penyidik saat sedang minum kopi bersama anak buahnya di sebuah cafe di daerah MH Thamrin, Jakarta pada Senin (5/4).

Samin Tan resmi ditahan hari ini hingga 20 hari pertama di Rutan KPK Gedung Merah Putih.

Dalam perkara ini, Samin Tan diduga memberikan uang kepada Eni Maulani Saragih selaku anggota DPR RI periode 2014-2019 sebanyak Rp 5 miliar sesuai permintaan Eni.

Pemberian uang itu agar Eni menyelesaikan persoalan terminasi atas perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara (PKP2B) generasi 3 di Kalimantan Tengah antara PT Asmin Koalindo Tuhup (AKT) dengan Kementerian ESDM. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA