Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Edhy Prabowo, 5 Tersangka Kasus Suap Benur Juga Dilimpahkan Ke JPU KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 24 Maret 2021, 16:28 WIB
Selain Edhy Prabowo, 5 Tersangka Kasus Suap Benur Juga Dilimpahkan Ke JPU KPK
Edhy Prabowo telah dilimpahkan dari penyidik ke JPU KPK untuk segera disidangkan dalam kasus korupsi di KKP/RMOL
rmol news logo Bukan hanya Edhy Prabowo selaku mantan Menteri Kelautan dan Perikanan yang telah dilimpahkan ke Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), lima tersangka lainnya dalam kasus dugaan korupsi izin ekspor benih lobster (benur) juga dilimpahkan pada hari ini, Rabu (24/3).

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan, penyidik telah melaksanakan tahap II, yaitu penyerahan tersangka dan barang bukti kepada tim JPU.

"Sebelumnya berkas perkara para tersangka dimaksud telah dinyatakan lengkap (P21). Penahanan beralih dan dilanjutkan oleh Tim JPU masing-masing selama 20 hari ke depan, terhitung 24 Maret 2021 sampai dengan 12 April 2021," ujar Ali kepada wartawan, Rabu sore (24/3).

Selain Edhy Prabowo, 5 tersangka yang telah dilimpahkan ke JPU adalah Safri (SAF) selaku staf khusus Edhy yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Uji Tuntas atau Due Dilligence.

Selanjutnya tersangka Siswadi Pranoto Loe (SWD) selaku pengurus PT Aero Citra Kargo (ACK); dan Ainul Faqih (AF) selaku staf dari anggota DPR RI Iis Rosita Dewi yang merupakan istri Edhy Prabowo.

Kemudian, Andreau Misanta Pribadi (AMP) selaku stafsus Edhy dan Amiril Mukminin (AM) selaku Sekretaris Pribadi Edhy.

Mereka, kata Ali, akan ditahan di Rutan KPK Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Dalam waktu 14 hari kerja, tim JPU akan segera menyusun surat dakwaan dan melimpahkan berkas perkara ke PN Tipikor. Persidangan diagendakan di PN Tipikor Jakarta Pusat. Selama proses penyidikan telah diperiksa 157 saksi dari berbagai pihak. Di antaranya pihak internal di KKP dan dari unsur swasta yaitu para eksportir yang mendapatkan izin ekspor benih bening lobster di KKP tahun 2020," pungkas Ali. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA