Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Ada Jadwal Pemeriksaan, Ternyata Effendi Gazali Sudah Diperiksa KPK Untuk Saksi Edhy Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 05 Maret 2021, 00:32 WIB
Tidak Ada Jadwal Pemeriksaan, Ternyata Effendi Gazali  Sudah Diperiksa KPK Untuk Saksi Edhy Prabowo
Plt Jubir penindakan KPK, M. Ali Fikri/RMOL
rmol news logo Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan pemeriksaan terhadap Effendi Gazali sebagai saksi kasus dugaan suap izin ekspor benih bening lobster (BBL), Kamis (4/3).

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan, Effendi telah diperiksa sebagai saksi dalam kapasitasnya sebagai mantan penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo (EP).

"Didalami pengetahuannya terkait dengan hasil kajian dan konsep rancangan Peraturan Menteri KKP mengenai kebijakan ekspor benih lobster," ujar Ali kepada wartawan, Kamis malam (4/3).

Padahal, dijadwal agenda pemeriksaan tidak tercantum nama Effendi Gazali sebagai saksi untuk kasus yang menjerat Edhy Prabowo ini.

Sementara itu, dua saksi lainnya yang juga telah diperiksa pada hari ini adalah, Arik Hari Wibowo selaku Direktur Produksi dan Usaha Perikanan Budidaya Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Didalami pengetahuannya terkait dengan dugaan adanya perintah khusus dari tersangka EP untuk menghilangkan nilai prosentase budidaya benur sebelum dilakukannya ekspor," jelas Ali.

Kemudian saksi Eko Irwanto selaku pegawai Bank Mandiri didalami pengetahuannya terkait dugaan pelunasan satu unit rumah milik tersangka Andreau Misanta Pribadi yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

Diduga yang sumber uangnya dari kumpulan para eksportir benur yang mendapatkan izin ekspor di KKP.

Akan tetapi, Ali tidak menjelaskan terkait kehadiran dua orang saksi lainnya yang juga dipanggil, apakah hadir atau tidak.

Kedua saksi itu adalah, Romel Sungoro selaku pegawai negeri sipil (PNS), dan Dasep Herdiansyah selaku swasta.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA