Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

KPK Cecar Pegawai BNI Karena Tak Blokir Rekening Tersangka Kasus Suap Benur

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 02 Maret 2021, 13:33 WIB
KPK Cecar Pegawai BNI Karena Tak Blokir Rekening Tersangka Kasus Suap Benur
Pelaksana Tugas Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri/RMOL
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar Legal Divisi Hukum Bank Negera Indonesia (BNI) terkait rekening tersangka kasus dugaan suap izin ekspor benih bening lobster (BBL) yang tidak terblokir.

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan, tersangka yang dimaksud adalah Andreau Misanta Pribadi (AMP), Stafsus Edhy Prabowo.

"Saksi Amanda Tita Mahesa selaku Legal Divisi Hukum Bank BNI Kantor Pusat didalami terkait dugaan alasan tidak terblokirnya salah satu rekening bank milik tersangka AMP. Di mana sebelumnya, tim penyidik KPK melakukan pemblokiran untuk seluruh rekening bank milik tersangka AMP tersebut," ujar Ali kepada wartawan, Selasa siang (2/3).

Penyidik juga telah memeriksa tiga saksi lainnya pada Senin kemarin (1/3). Yaitu, Syammy Dusman, Mulyanto, dan Asep Abidin Supriatna selaku selaku karyawan swasta.

Untuk saksi Syammy didalami terkait dugaan aliran sejumlah uang yang dibagikan Edhy ke berbagai pihak yang sumber uangnya diduga berasal dari para eksportir benur.

Selanjutnya saksi Mulyanto, didalami pengetahuannya terkait dugaan pengelolaan uang oleh tersangka Amiril Mukminin (AM) selaku Sekretariat pribadi (Sespri) Edhy atas perintah Edhy.

"Saksi Asep Abidin Supriatna didalami pengetahuan terkait dugaan pembelian rumah oleh tersangka EP melalui tersangka AM yang sumbernya diduga dari kumpulan pemberian sejumlah uang oleh para eksportir benur yang mendapatkan izin di KKP tahun 2020," jelas Ali.

Sementara itu, tersangka Amiril pun juga diperiksa sebagai saksi sekaligus sebagai tersangka. Amiril didalami pengetahuannya terkait dugaan pembelian aset berupa tanah dan bangunan milik Edhy.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA