Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

5 Saksi Yang Diduga Dekat Dengan Politisi PDIP Ihsan Yunus Sudah Diperiksa KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 27 Januari 2021, 11:21 WIB
5 Saksi Yang Diduga Dekat Dengan Politisi PDIP Ihsan Yunus Sudah Diperiksa KPK
Goodie Bag Bansos/Net
rmol news logo Lima orang saksi yang diduga dekat dengan politisi PDIP, Ihsan Yunus telah diperiksa KPK dalam perkara dugaan suap bantuan sosial (bansos) sembako untuk wilayah Jabodetabek 2020 pada Selasa (26/1).

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan, lima saksi yang dipanggil semuanya memenuhi panggilan penyidik untuk diperiksa sebagai saksi dalam perkara yang menjerat Juliari Peter Batubara (JPB) saat menjabat sebagai Menteri Sosial.

Saksi yang dipanggil pada Selasa (26/1) adalah Lalan Sukmaya selaku Direktur Operasional PT Pertani, Rangga Derana Niode selaku Direktur Utama PT Mandala Hamonangan Sude, Sigit Bawono Prasetyo selaku Kepala Bagian Sekretariat Komisi VIII DPR RI.

Selanjutnya, Restu Hapsari selaku Staf Ahli Mensos, dan Achmad Gamaludin Moeksin alias Agam selaku Direktur PT Bumi Pangan Digdaya.

Untuk saksi Lalan, kata Ali, dikonfirmasi terkait perolehan jumlah paket bansos yang di suplai dari produk PT Pertani untuk didistribusikan dalam paket bansos.

Selanjutnya saksi Rangga, dikonfirmasi terkait dengan paket pekerjaan yang diperoleh perusahaan saksi sebagai salah satu dari penyedia produk paket bansos.

Lalu saksi Sigit, didalami pengetahuannya terkait tupoksi Komisi VIII DPR yang bermitra kerja dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

Kemudian saksi Restu yang juga merupakan kader PDIP yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Taruna Merah Putih (TMP) ini dikonfirmasi terkait dengan tahapan perencanaan dan penganggaran proyek pengadaan bansos.

Terakhir, saksi Agam dikonfirmasi terkait perusahaan saksi yang mendapatkan pekerjaan sebagai salah satu dari penyuplai produk untuk paket bansos.

Nah, saksi-saksi yang sudah diperiksa kemarin diduga memiliki kedekatan dengan politisi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus, yang namanya ikut disebut dalam dalam sebuah pemberitan terkait kasus ini.

Sebab, PT Pertani, PT Mandala Hamonangan Sude, dan PT Bumi Pangan Digdaya disebut dalam investigasi Tempo sebagai perusahaan yang terafiliasi dengan Ihsan Yunus.

Sementara untuk pemanggilan Kabag Sekretariat Komisi VIII DPR RI, diduga berhubungan dengan jabatan yang diemban Ihsan Yunus sebelumnya di Komisi VIII DPR.

Untuk saksi Agam, telah diperiksa pada Selasa, 29 Desember 2020. Agam didalami terkait keikutsertaan perusahaan PT Bumi Pangan Digdaya untuk mendapatkan proyek distribusi bansos dan terkait teknis pembayaran atas pelaksanaan kegiatan distribusi bansos.

Kemudian saksi Rangga juga pernah diperiksa pada Senin (18/1). Rangga didalami terkait kontrak kerjasama yang ditandatangani oleh saksi mengenai aktivitas perusahaan dalam penyediaan dan pelaksanaan distribusi paket sembako. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA