Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Broker Tiga Pilar, KPK Dalami Bancakan Bansos Diduga Mengalir Ke Pepen Nazarudin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 26 Januari 2021, 00:39 WIB
Lewat Broker Tiga Pilar, KPK Dalami Bancakan Bansos Diduga Mengalir Ke Pepen Nazarudin
Plt Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri/RMOL
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menggali aliran bancakan bansos Covid-19 yang diduga turut mengalir ke pejabat Kementerian Sosial (Kemensos) RI.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kali ini, KPK memeriksa pihak swasta yang juga broker PT Tiga Pilar, Nuzulia Hamzah Nasution.

"Nuzulia Hamzah Nasution dikonfirmasi terkait adanya dugaan pemberian sejumlah uang oleh tersangka AIM (Ardian Iskandar Maddanatja/tersangka pemberi suap) kepada Pepen Nazarudin dan pihak-pihak lain di Kemensos RI," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Senin malam (25/1).

Pepen Nazaruddin sendiri merupakan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kemensos. Ia sebelumnya telah menjalani pemeriksaan sebanyak tiga kali.

Pada Senin, 21 Desember 2020, Pepen didalami terkait tahapan dan proses dilakukannya penunjukan langsung pada vendor atau kontraktor yang menyalurkan bansos.

Selanjutnya pada Rabu (13/1), Pepen didalami terkait proses dan tahapan dalam penentuan rekanan pelaksanaan proyek distribusi bansos. Kemudian pada Jumat (22/1) kembali diperiksa untuk mendalami peran dan tindakan serta arahan aktif dari tersangka Juliari Peter Batubara untuk mengatur pihak-pihak yang dipilih selaku rekanan distribusi pengadaan bansos.

Penyidik KPK pun juga telah menggeledah rumah Pepen yang terletak di Prima Harapan Regency B4 Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Rabu (13/1).

Dari penggeledahan itu, penyidik mengamankan barang bukti berupa dokumen yang berkaitan dengan perkara ini.

Sementara itu, saksi Nuzulia juga sebelumnya pernah diperiksa penyidik pada Senin, 28 Desember 2020 dicecar soal proses dan pelaksanaan pengadaan paket bansos.

Nuzulia adalah broker di PT Tigapilar Agro Utama (TAU), salah satu vendor yang mendapatkan proyek pengadaan paket sembako di Kemensos. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA